Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Beda dengan Pemerintah, FPI Putuskan Mulai Puasa Hari Ini

- Apahabar.com     Sabtu, 2 April 2022 - 08:43 WITA

Beda dengan Pemerintah, FPI Putuskan Mulai Puasa Hari Ini

Logo Front Persaudaraan Islam (FPI). Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Front Persaudaraan Islam (FPI) menetapkan hari ini, Sabtu (2/4) sebagai 1 Ramadan 1443 Hijriah. Keputusan berbeda dengan pemerintah atau Kementerian Agama terkait penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Ketetapan FPI berdasarkan perhitungan sistem sullamun nairoin. FPI juga menggunakan pemantauan hilal untuk penentuan awal Ramadan.

“Maka DPP FPI menetapkan awal Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022,” dikutip dari Maklumat Pengumuman Awal Ramadan 1443 H untuk Internal Keluarga Besar FPI, Jumat (1/3).

Penghitungan sistem sullamun nairoin FPI menyaratkan tinggi hilal Ramadan harus 2 derajat 23 menit 48,58 detik. Posisi hilal berada di Selatan matahari selama 10 menit 48,56 detik.

Semantara, hasil pemantauan FPI mengungkap hilal Ramadan terlihat di sebelah Utara dari titik Barat pada pukul 18.00-18.00 WIB. Pemantauan itu dilaporkan dari Cakung dan Bekasi.

Penetapan 1 Ramadan 1443 H oleh FPI itu serupa dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Keduanya memulai Ramadan tahun ini pada Sabtu (2/4).

Sedangkan, keputusan kedua ormas Islam itu berbeda dengan keputusan pemerintah. Kemenag menetapkan Ramadan tahun ini dimulai pada Minggu (3/4) karena hilal tak terlihat di semua titik.

Pemerintah tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada Minggu 3 April. “Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad (Minggu) 3 April 2022,” ucap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan keputusan sidang isbat di Kementerian Agama, Jumat (1/4).

Bulan Ramadan 1443 H tahun ini masih akan dijalani umat Islam di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Artinya, sudah tiga tahun belakangan ini umat Islam menjalani ibadah Ramadan dengan keterbatasan dan harus mematuhi pelbagai protokol kesehatan yang disiapkan pemerintah.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Khawarij Berencana Bunuh 3 Sahabat Nabi, Hanya Ali yang Terpenuhi
pasar tanjung

Religi

Jelang Ramadan, Pedagang Kurma Mulai Banyak di Pasar Tanjung
apahabar.com

Religi

Ribuan Jemaah Tetap Peringati Isra Miraj di Masjid Sabilal Muhtadin
apahabar.com

Religi

MU: Selamat Berpuasa untuk Seluruh Umat Muslim
apahabar.com

Religi

Sisi Lain Muammar Gaddafi, Banyak Model yang Masuk Islam Karenanya
apahabar.com

Religi

Upayakan Keamanan Sistem Jaringan di Haul Sekumpul, PLN: Masyarakat dan Relawan Harap Lapor
apahabar.com

Religi

Gus Baha: Senang Dunia Itu Penting, Asal…
apahabar.com

Religi

Habib Tuna Netra Asal Yaman, Ungkap Keistimewaan Haul Abah Guru Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com