Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Bidik Laba Bersih Rp 200 Miliar di 2022, Begini Strategi Elnusa

PT Elnusa Tbk, perusahaan penyedia jasa minyak dan gas dengan kode saham ELSA, memproyeksikan laba bersih sebesar Rp 200 miliar pada 2022..
- Apahabar.com     Kamis, 14 April 2022 - 14:54 WITA

Bidik Laba Bersih Rp 200 Miliar di 2022, Begini Strategi Elnusa

Gedung PT Elnusa Tbk di Jakarta. Foto-Antara/HO-Elnusa

apahabar.com, JAKARTA – PT Elnusa Tbk, perusahaan penyedia jasa minyak dan gas dengan kode saham ELSA, memproyeksikan laba bersih sebesar Rp 200 miliar pada 2022.

Hal itu naik dari realisasi 2021 yang sebesar Rp 108 miliar.

“Hingga kuartal I 2022, Elnusa membukukan laba bersih yang belum diaudit (unaudited) sebesar Rp75 miliar,” kata Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora dalam keterangan di Jakarta, Kamis (14/4) dilansir Antara.

Sementara itu, pendapatan perusahaan tahun ini diproyeksikan sama seperti tahun lalu sebesar Rp 8 triliun. Untuk mencapai target tersebut perusahaan mengalokasikan belanja modal Rp 700 miliar untuk investasi pada sejumlah peralatan hulu dan hilir migas

John Simamora bilang salah satu upaya perusahaan adalah melakukan diversifikasi pendapatan, tidak hanya dari kegiatan hulu migas (upstream) sebagai bisnis inti (core business) namun juga berbagai kegiatan di hilir migas.

“Ada banyak peluang yang bisa dioptimalkan oleh Elnusa, selain pasar hulu migas terutama peluang sinergi dari pembentukan SHU (Subholding Upsteam) serta peningkatan kepemilikan SHU di Elnusa, seperti pasar hilir migas, termasuk pengembangan infrastrukturnya, pengembangan digitalisasi , peluang chemical penunjang upstream, dan green energy services,” kata John.

Menurut John, diversifikasi ini pula salah satu faktor yang membuat Elnusa kembali berhasil memperoleh peringkat “idAA-“ dan peringkat “idAA-(sy)” untuk Sukuk Ijarah Berkelanjutan I tahap I Tahun 2020 dengan predikat outlook “stabil” dari Pefindo yang berlaku 7 April 2022 – 1 April 2023. Perolehan ini diberikan berdasarkan data perusahaan dan laporan keuangan audit per 31 Desember 2021.

“Di tengah pandemi COVID-19, banyak yang khawatir akan membuat kinerja merosot, namun ternyata kami bisa mempertahankan,” katanya.

Bachtiar Soeria Atmadja, Direktur Keuangan Elnusa, mengatakan peringkat yang didapat mencerminkan sinergi bisnis yang kuat dengan Grup Pertamina, posisi perusahaan yang kuat serta adanya diversifikasi pendapatan di bisnis jasa pendukung minyak dan gas dan kondisi keuangan perusahaan yang kuat.

Peringkat dibatasi oleh volatilitas harga minyak serta eksposur perusahaan terhadap risiko proyek yang dijalankan. ELSA dapat meningkatkan prestasinya dengan memperkuat posisi bisnisnya, ditunjukkan oleh pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan, dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal yang konservatif dan proteksi arus kas perusahaan yang kuat secara berkelanjutan.

Bachtiar mengatakan bahwa dengan pencapaian kinerja yang baik serta catatan budaya HSSE yang memuaskan dapat mempertahankan Elnusa dalam meraih peringkat tersebut. Selain itu, ini membuktikan komitmen Elnusa sebagai penyedia layanan bisnis jasa migas nasional dalam menciptakan berbagai inovasi serta service terbaiknya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

News

Mantan Wali Kota Balikpapan Positif, Kena Tipu Obat Covid-19 Rp10 Juta
Ulin teweh

News

Gara-Gara Ulin, 3 Warga Tapin Meringkuk di Teweh
Bandara SAMS Balikpapan

News

Bandara Balikpapan Hapus Syarat Antigen & PCR, Penumpang Belum Tahu
BBM Pertamina

News

Yuk Ngirit, Harga BBM Pertamina Naik Lagi Mulai Hari Ini

News

Selisih 2 Hari, Jemaah Aboge Gelar Salat Id Pagi Ini

News

IMF Sebut Perang Bisa Merusak Ekonomi Global, Indonesia Waspada!
Ilustrasi. Foto-Net.

News

Badan Penanggulangan Teroris Ungkap Ciri Penceramah Radikal

News

Biden Blak-blakan Sebut Putin Tak Boleh Berkuasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com