Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

BPKP Kalsel Gandeng Tabalong Percepat Pengguna Produk Dalam Negeri

- Apahabar.com     Kamis, 21 April 2022 - 14:05 WITA

BPKP Kalsel Gandeng Tabalong Percepat Pengguna Produk Dalam Negeri

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menandatangani komitmen bersama untuk merealisasikan P3DN dan UMK serta Koperasi lewat SPIP Terintegrasi. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – BPKP Perwakilan Kalimantan Selatan menggandeng puluhan SKPD Kabupaten Tabalong untuk merealisasikan Percepatan Peningkatan Penggunan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan Usaha Mikro Kecil (UMK) serta Koperasi lewat SPIP Terintegrasi.

Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan komitmen bersama Bupati, Sekretaris Daerah dan seluruh jajaran SKPD di Kabupaten Tabalong di gedung Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kamis (21/4).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Rudy M Harahap, mengatakan ini aksi nyata mendorong seluruh SKPD Tabalong mengimplementasikan Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2022.

Dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2022, Kabupaten Tabalong sudah menunjukkan perkembangan yang baik. Data juga menunjukkan, Nilai PDRB dan PDRB per kapita Kabupaten Tabalong mengalami kenaikan dibanding tahun 2020.

“Ini menunjukkan progress yang membaik dalam pemulihan ekonomi pada semua sektor lapangan usaha di Tabalong,” tegas Rudy.

Berpikir kreatif dan inovatif dalam menggali potensi juga dapat menggerakkan masyarakat dan pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk di Kabupaten Tabalong, yang akan menciptakan kesejahteraan.

“Itu kenapa potensi yang ada di Kabupaten Tabalong harus terus dikembangkan,” jelas Rudy.

Kata Rudy, salah satu alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai Pemkab Tabalong adalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Implementasi SPIP yang baik akan memberikan keyakinan memadai dalam pencapaian tujuan pemerintah daerah.

“Tujuan pemerintah daerah sendiri bisa diukur dari perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” bebernya.

Nilai-nilai yang ada dalam SPIP Terintegrasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa framework penilaian birokrasi, yakni MCP KPK, Opini BPK, SAKIP, RB, Survei Penilaian Integritas, dan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

“Apabila SPIP Terintegrasi telah diimplementasikan dengan baik, akan membawa pengaruh positif terhadap capain kinerja Pemerintah Daerah yang diukur dengan indikator penilaian yang lain,” jelas Rudy.

Pernyataan Komitmen Bersama yang dibacakan oleh Bupati Anang Syakhfiani, menjadi momentum jajaran SKPD Kabupaten Tabalong untuk bersama-sama bangkit dan mendukung P3DN lewat SPIP Terintegrasi.

Rudy bilang sebanyak 35 SKPD telah menandatangani bersama dan sepenuhnya berkomitmen untuk mengimplementasikan dan menginternalisasi SPIP serta Manajemen Risiko (MR) secara terintegrasi dan berkelanjutan pada seluruh program dan kegiatan di Kabupaten Tabalong.

”Itu merupakan kesungguhan dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam mengimplementasikan SPIP dan MR terintegrasi,” sebutnya.

“Diharapkan, pada penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi, yang akan dilaksanakan pada Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong dapat meningkatkan pencapaian level 3 SPIP Terintegrasi,” tandas Rudy.

Sementara itu, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan, penggunaan produk dalam negeri menjadi konsep pemerintah saat ini. Pada Rakornas di Bali, kata Bupati, Presiden sudah menyampaikan secara terbuka kalau target ini tidak bisa dicapai maka dana alokasi umum bahkan dana-dana lainnya ada kemungkinan dipangkas. Kepada Menteri Keuangan saat itu juga disampaikan oleh Presiden.

Terkait komitmen bersama P3DN dan UMK serta Koperasi lewat SPIP Terintegrasi oleh pimpinan SKPD, Bupati Anang mengatakan akan menindaklanjutinya.

“Kami akan menindaklanjuti pernyataan bersama ini oleh pimpinan SKPD supaya apa yang diharapkan bahwa Tabalong itu tidak hanya lokalan Kalimantan Selatan tetapi bisa tampil untuk level nasional,” kata Bupati.

“Kita punya modal besar untuk menjadi yang terdepan di Kalimantan Selatan bahkan di Kalimantan,” tambahnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

pencak silat

Pemkab Tabalong

Menuju POPDA Kalsel 2022, Puluhan Atlet Pencak Silat Tabalong Ikuti Seleksi Kabupaten
Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong

PPPK di Tabalong Waspadai 3 Hal Ini, Jika Tidak Ingin Diberhentikan
Tabalong

Pemkab Tabalong

PN Tanjung Sampaikan Laporan 1 Tahun, Wabup Tabalong: Luar Biasa!
Covid-19

Kalsel

Bersama 1.677 Tenaga Kesehatan, Bupati Tabalong Siap Divaksin Covid-19
Musrenbang

Pemkab Tabalong

Musrenbang RKPD 2023 Tabalong, Kecamatan Muara Harus Sampaikan 75 Usulan
diskominfotik banjar

Pemkab Tabalong

Tabalong Dikunjungi Diskominfotik Banjar, Bahas Aturan Kerjasama Media Siber
Saat ini pemantauan debit air di hulu sungai Tabalong masih dilakukan secara manual, sehingga peralatan EWS sangat diperlukan. Foto - Istimewa.

Pemkab Tabalong

Deteksi Banjir, BPBD Tabalong Ajukan Bantuan Peralatan EWS
Masker

Pemkab Tabalong

Tak Pakai Masker, Sejumlah Warga Tabalong Terjaring Operasi Yustisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com