Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Bukan Kabar Baik, Peredaran Narkoba di Batola Sudah Menembus Kawasan Terujung

- Apahabar.com     Jumat, 1 April 2022 - 16:08 WITA

Bukan Kabar Baik, Peredaran Narkoba di Batola Sudah Menembus Kawasan Terujung

Wakapolres Barito Kuala, Kompol Letjon Simanjorang, bersama Kasat Resnarkoba, AKP H Juwarto, menyampaikan hasil Operasi Antik Intan 2022, Jumat (1/4). Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Tidak cuma Alalak, peredaran narkoba di Barito Kuala, Kalimantan Selatan, ternyata sudah menembus kawasan terujung di Kecamatan Kuripan.

Kabar kurang baik itu terungkap dari hasil Operasi Antik Intan yang digelar Polres Batola selama 14 hari, terhitung sejak 15 hingga 28 Maret 2022.

“Total 19 kasus yang berhasil diungkap dengan 21 tersangka. 4 tersangka berstatus target operasi dan sisanya giat rutin,” papar Wakapolres Batola, Kompol Letjon Simanjorang, dalam press rilis kegiatan, Jumat (1/4).

“Alalak masih mendominasi kasus terbanyak, tapi sangat disayangkan peredaran narkoba juga sudah mencapai Kuripan,” imbuhnya.

Dari total 19 kasus, 8 kasus di antaranya terjadi di Alalak. Disusul 4 kasus di Mekarsari dan Kuripan 2 kasus, serta sisanya masing-masing 1 kasus di Cerbon, Jejangkit, Tabunganen, Sungai Tabuk dan Banjarmasin Utara.

Adapun barang bukti berupa sabu yang diperoleh dari semua tersangka adalah seberat 17,05 gram, ditambah temuan tembakau gorila seberat 4,59 gram.

Polisi juga menyita 11 unit roda dua yang dijadikan sarana kejahatan oleh tersangka, 17 ponsel, dan uang tunai Rp2.025.000.

“Memang Alalak dengan letak geografis yang berdekatan dengan Banjarmasin dan Banjar, serta Kapuas di Kalimantan Tengah, cukup rentan peredaran narkoba,” jelas Letjon.

“Namun ternyata Kuripan yang berada di ujung Batola dan dengan keterbatasan akses darat, ternyata mulai dimasuki narkoba. Artinya narkoba bisa berada di mana saja dan ini harus diatensi,” tegasnya.

Dari pengungkapan kasus di Kuripan, Sat Resnarkoba mengamankan AH dengan barang bukti 0,46 gram dan H seberat 0,97 gram. Kedua pelaku masing-masing beralamat di Desa Jambu Baru dan Asia Baru.

“Tampaknya pelaku berpikir polisi tidak berada di Kuripan. Makanya ketika kami sudah menemukan target operasi, mereka langsung diamankan,” sahut AKP H Juwarto, Kasat Resnarkoba Polres Batola.

“Semua tersangka di Kuripan merupakan warga setempat. Sedangkan paket sabu diperoleh dari Desa Palangkau Lama, Kapuas Murung, Kalteng,” imbuhnya.

Selain penyebaran hingga Kuripan, pengedar narkoba juga semakin membabi-buta dengan memanfaatkan anak sendiri sebagai pengedar.

Itu terjadi di Alalak, ketika Sat Resnarkoba mengamankan seorang anak di bawah umur yang tertangkap tangan mengedarkan sabu.

“Anak tersebut sebenarnya korban, karena disuruh orang tuanya mengantarkan sabu. Makanya kami terus mengejar orang tua anak itu,” jelas Juwarto.

“Dari 21 tersangka yang semuanya berstatus pengedar, mengaku ingin memperbaiki ekonomi. Namun ini tak dapat dijadikan alasan, karena perbuatan mereka menyalahi hukum,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Al-Qur'an

Hot Borneo

Update Kebakaran Rumah di Belakang Bapelkes Banjarbaru; Indekos 10 Pintu Turut Terdampak
Uang cash BI

Hot Borneo

Penuhi Ramadan-Idulfitri, BI Kalsel Siapkan Uang Cash Rp2,5 Triliun
Seluler

Hot Borneo

Bertahun-tahun Penantian Warga Pantai Baru Kotabaru Nikmati Jaringan Seluler Terkabul
SDN Desa Bumi Asih

Hot Borneo

Tetap Prokes, Siswa SD di Kotabaru Antusias Ikuti Ujian Sekolah
operasi pasar minyak goreng kotabaru

Hot Borneo

Duh, Masih Ada Distributor Minyak Goreng ‘Nakal’ di Kotabaru
Banjarbaru Ibu Kota

Hot Borneo

Krusialnya Suara Legislatif Jegal Pemindahan Ibu Kota Kalsel
Tabalong

Hot Borneo

Pinta Pemkab Tabalong Usai 2 Eks Kades Tersangka Kasus Korupsi!
Jembatan Saka Permai Banjarmasin

Hot Borneo

Duh, Roda Empat Tak Bisa Lewat Jembatan Saka Permai Banjarmasin Pasca Truk Ambles
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com