Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Cari Penyebab Ambruknya Ruko Alfamart Gambut, Dinas PUPRP Banjar Minta Waktu

- Apahabar.com     Rabu, 20 April 2022 - 20:42 WITA

Cari Penyebab Ambruknya Ruko Alfamart Gambut, Dinas PUPRP Banjar Minta Waktu

Dinas PUPR Banjar masih mencari penyebab ambruknya ruko Alfamart tiga lantai di Gambut. Foto-Ist

apahabar.com, MARTAPURA – Penyebab ambruknya ruko tiga lantai Alfamart kilometer 14 di Gambut, Kalsel, masih diselidiki.

Hingga kini ambruknya ruko Alfamart itu masih jadi perbincangan hangat di masyarakat. Apalagi bangunan itu ternyata baru berumur 10 tahun. Ruko tersebut juga bukan termasuk daftar bangunan miring di Kabupaten Banjar yang jumlahnya kurang lebih 100-an.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Banjar dan tim ahli profesi tengah melakukan pengamatan di  lapangan.

“Berdasarkan hasil penelaahan, belum atau tidak termasuk dalam ratusan gedung yang miring karena secara visual gedung tersebut tidak miring, sebab yang disurati adalah gedung yang secara visual terjadi kemiringan,” ujar Plt Kepala Dinas PUPR Banjar, M Riza Dauly.

Untuk mengetahui penyebab ambruknya ruko Alfamart tersebut, pihaknya masih mengumpulan data persayaratan admisnistrasi dan persyaratan teknis, serta kondisi di lapangan.

Ia meminta waktu sekira satu minggu untuk menyelesaikan hal tersebut. “Saat ini kami sedang bekerja untuk menentukan langkah lebih lanjut terkait dugaan kegagalan bangunan itu faktornya apa,” ujar Riza yang juga sebagai Kepala Bappedalitbang Banjar ini.

Izin rekomendasi IMB ruko tiga lantai itu dikeluarkan Pemerintah Kecamatan Gambut pada 2012 atas nama pemohon H Murjani dengan luas bangunan 9 X 15 serta pondasi beton jenis cakar ayam.

Sementara aturan di Kabupaten Banjar, izin IMB hanya boleh dikeluarkan oleh pemerintah kecamatan maksimal 200 meter persegi. Jika 9 X 15 dikali tiga lantai, maka totalnya 405 meter persegi.

Ada dugaan pemilik awalnya hanya membangun satu lantai, lalu di kemudian hari dia menambah bangunan jadi tiga lantai?

Tapi, terkait hal ini Riza Dauly belum bisa memastikan.

“Kami belum bisa menjawab secara subtansi, karena masih mengumpulkan data dan penyelidikan, tapi kemungkinan itu bisa saja terjadi karena persyaratan administrasi dari bangunan tersebut belum secara komplit kami temukan. Kami tidak ingin menduga-duga takutnya jadi bias,” terang Riza.

Di luar dugaan kegagalan konstruksi, juga ada kemungkinan bangunan tersebut melebihi berat kapasitas dari rencana pembangunan awal.

Riza menjawab pihaknya juga masih menijau lagi bagaimana rencana konstruksi bangunan dibuat. Apakah sudah menyesuaikan dengan beban hidup, yakni beban yang diakibatkan oleh pengguna bangunan gedung atau struktur lain yang tidak termasuk beban konstruksi dan beban lingkungan, seperti beban angin, hujan, banjir dan lainnya.

“Makanya dari awal, secara konstruksi harus dilihat perhitungannya seperti apa, kemudian jumlah bebannya didesain seperti apa, itu yang coba kami dalami lebih lanjut,” terang Riza.

“Bisa saja struktur pondasinya kuat, tapi dari struktur tengahnya tiang kolom dan lainnya tidak mendukung beban di atasnya, khususnya di lantai dua dan tiga. Itu harusnya ada perhitungan. Nah, itu yang kami cari apakah ada perhitungan atau tidak,” tandasnya.

Sekadar informasi, tragedi ambruknya ruko Alfamart Jalan A Yani KM 14 Gambut, Kabupaten Banjar Senin (18/4) menjelang berbuka puasa.

Total 13 korban tertimpa reruntuhan, ditambah 1 relawan terluka saat evakuasi. Di antara 14 korban tersebut, 5 di antaranya meninggal dunia dari karyawan Alfamart dan pengunjung.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Habib Palsu Banjarmasin

Hot Borneo

Polemik Habib Palsu di Banjarmasin Meruncing, Polisi Bicara Islah
Kantor PDIP Kabupaten Banjar

Hot Borneo

DPC PDI Perjuangan Banjar Bangun Kantor Baru, Habib Banua Letakkan Batu Pertama

Hot Borneo

Investigasi Rampung, Inspektorat Batola Beri Kades Kolam Kanan Dua Opsi
ASN

Hot Borneo

Masih Mudik, Sejumlah ASN Pemprov Kalsel Kerja dari Rumah
Demo kalsel

Hot Borneo

Aksi Berlanjut, Mahasiswa Kalsel Bakal Geruduk Rumah Banjar
cuaca kalsel

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Lagi, 8 Kawasan di Kalsel Diancam Petir
Pemerkosaan Polisi

Hot Borneo

Jelang Sidang, Korban Pemerkosaan Polisi di Banjarmasin Gandeng LPSK
Jasad Menwa

Hot Borneo

Jasad Wanita Muda di Hutan Hangkingkin HST: Pamit Balikan HP, Menwa Itu Diduga Dibunuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com