Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Cegah Konflik Nelayan, Dit Intelkam Polda Gelar Sosialisasi ke Muara Kintap

- Apahabar.com     Jumat, 1 April 2022 - 22:02 WITA

Cegah Konflik Nelayan, Dit Intelkam Polda Gelar Sosialisasi ke Muara Kintap

Direktorat Intelkam Polda Kalsel menggelar silaturahmi dan diskusi kamtibmas bersama DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tanah Laut, Polairud Polda Kalsel, serta tokoh nelayan Desa Muara Kintap, Jumat (1/4/). Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Direktorat Intelkam Polda Kalsel menggelar silaturahmi dan diskusi kamtibmas bersama DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tanah Laut, Polairud Polda Kalsel, serta tokoh nelayan Desa Muara Kintap, Jumat (1/4/).

Kegiatan yang berlangsung di aula sekretariat BPD desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut  itu mengangkat tema “Bersama Tokoh Masyarakat Nelayan Muara Kintap, Kita Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif”.

Acara tersebut dihadiri Kasubdit Kamsus yang di wakili oleh Kanit 1 Subdit Kamsus Dit Intelkam Polda Kalsel, AKP Agus Wibowo, Kepala Desa Muara Kintap Yuliadi, Plt Ketua DPC HNSI Tala Alimuddin, Perwakilan Pelabuhan Perikanan Muara Kintap (PPMK) Heni Tafikah, serta tokoh nelayan setempat.

Kanit 1 Subdit Kamsus, AKP Agus Wibowo, mengatakan kegiatan silaturahmi digelar dalam rangka menyerap aspirasi dan menjaring informasi dari masyarakat nelayan di Muara Kintap. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya potensi konflik antar masyarakat dalam kegiatan mencari ikan di perairan setempat.

“Kegiatan silaturahmi ini dimaksudkan untuk menjaring informasi dari masyarakat nelayan di Muara Kintap. Ada beberapa keluhan, terkait beroperasinya kapal nelayan dari luar yang menggunakan alat tangkap cantrang,” beber AKP Agus Wibowo.

Menanggapi hal itu, Kanit Agus Wibowo berharap nelayan desa Muara Kintap bisa tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, tanpa harus melakukan tindakan-tindakan di luar aturan hukum yang berlaku.

“Jangan sampai permasalahan yang ada ini justru akan bertambah. Mudah-mudahan ada solusi yang bisa mengatasi persoalan ini,” tambahnya.

AKP Agus Wibowo juga berpesan agar dalam mencari ikan untuk tidak menggunakan cantrang. Selain sudah dilarang secara resmi, penggunaan cantrang akan sangat berpengaruh serta merusak ekosistem dasar bawah laut.

Terkait kelangkaan BBM yang juga menjadi keluhan para nelayan, dirinya menegaskan akan menyampaikan hal itu kepada pimpinan, agar bisa ditindaklanjuti dan diteruskan kepada instansi terkait.

Plt Ketua DPC HNSI Tanah Laut, Alimuddin menyampaikan rasa terima kasih kepada nelayan desa Muara Kintap yang sudah turut serta menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Disisi lain, dirinya juga meminta kepada pihak-pihak terkait agar turut serta membantu memberantas penangkapan ikan dengan menggunakan cantrang.

“Kami sudah berupaya sekuat tenaga, tapi tetap saja ada yang menggunakan cantrang. Harapan saya, pemerintah maupun pihak terkait bisa menyikapi permasalahan ini. Mohon sekiranya lebih aktif lagi dan dideteksi, agar cantrang tidak bisa masuk daerah kami,” tandasnya.

Pada momentum tersebut, Dit Intelkam Polda Kalsel juga menggelar kegiatan pasar murah. Pasar murah yang digelar ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya kebutuhan minyak goreng yang sulit didapat. Terlebih pada saat menjelang bulan Ramadhan saat ini, warga sangat membutuhkan bahan pokok tersebut.

Kegiatan tersebut disambut antusias Kepala Desa Muara Kintap, Yuliadi. Dirinya mengaku bersyukur dan berterima kasih, dengan digelarnya kegiatan ini masyarakat desa Muara Kintap jadi sangat terbantu.

“Saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada bapak-bapak dari Polda Kalsel dan DPC HNSI Tala yang sudah mengunjungi daerah kami. Terlebih dengan adanya pasar murah ini sangat membantu masyarakat desa Muara Kintap. Besar harapan kami, permasalahan yang disampaikan nelayan kami tadi bisa disampaikan ke pihak terkait,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Arisan bodong Banjarmasin

Hot Borneo

Arisan Tipu-Tipu Istri Polisi di Banjarmasin, Nasib Briptu MS di Ujung Tanduk

Hot Borneo

Kebakaran di Gambah HSS, Rumah Nenek Sarkiah Ludes
Kotabaru

Hot Borneo

Jelang Waktu Buka Puasa, Jalan di Pusat Kotabaru Macet
Pembunuhan Pasar Baru

Hot Borneo

Polisi Tepis Isu SARA di Pembunuhan Pasar Baru Banjarmasin
Kalsel

Hot Borneo

Siap-Siap Payung, Hari Ini Hujan Merata di Kalsel

Hot Borneo

Pagi Ini Banjir Mulai Merendam Martapura, Warga Bersiap Mengungsi

Hot Borneo

Saling Silang Wali Kota Ibnu Sina-Organda Kalsel Soal Jalur Khusus Solar
Mardani H Maming

Hot Borneo

Kuasa Hukum Bantah Mardani Maming Mangkir dari Sidang Dugaan Suap IUP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com