Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Demi Dapat Minyak Goreng Murah, Emak-Emak Gendong Balita di Banjarmasin Serbu Operasi Pasar

- Apahabar.com     Senin, 4 April 2022 - 12:26 WITA

Demi Dapat Minyak Goreng Murah, Emak-Emak Gendong Balita di Banjarmasin Serbu Operasi Pasar

Sambil gendong bayi, emak-emak di Banjarmasin berbondong datangi pasar murah Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Senin (4/4), demi mendapat minyak goreng seharga Rp22 ribu/liter. Foto-apahabar/Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasar Murah Ramadan 2022 di halaman kantor Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, ramai diserbu warga, Senin (4/4).

Dari banyaknya bahan pokok yang tersedia, minyak goreng kemasan merek Alif –produk lokal dari Kabupaten Kotabaru, Kalsel, menjadi primadona.

Mayoritas kalangan emak-emak rela antre demi mendapat minyak goreng seharga Rp22 ribu/liter. Beberapa di antaranya bahkan ada yang menggendong balita.

Kendati demikian, pihak penyelenggara tetap melakukan pembatasan. Satu orang warga hanya boleh membeli maksimal dua liter.

“Di luaran harganya bisa tembus sampai Rp27 ribu per liter,” kata Dewi (25), ibu satu anak asal Teluk Dalam.

Sejak pemerintah mencabut harga eceran tertinggi (HET) pada 16 Maret lalu, tarif minyak goreng kemasan di pasaran memang terjun bebas.

Berbarengan dengan itu, ketersediaannya juga turut melimpah. “Aneh sih, padahal sebelumnya dengan harga Rp14 ribu per liter, susah mencari minyak goreng. Sekarang malah sebaliknya,” ujar Dewi.

Dia pun berharap giat pasar murah ini akan terus berlangsung. Mengingat, warga cukup terbebani dengan harga minyak goreng dan bahan pokok lain yang sudah mulai melonjak.

Hingga pukul 10.30 Wita, sudah 1.000 liter minyak goreng Alif ludes dibeli warga. Total ada 2.400 liter yang disediakan produsen untuk setiap acara pasar murah.

105 Kali Selama Ramadan

Kegiatan di kawasan perkantoran Jalan S Parman, Banjarmasin Tengah itu memang merupakan agenda pembuka Pasar Murah Ramadan 2022.

Dengan prosesi potong pita di pintu masuk kantor Disdag Kalsel, Pasar Murah itu pun dibuka secara seremoni oleh Gubernur Sahbirin Noor.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik, dan terpenting memberi manfaat bagi warga Kalsel,” ujar Paman Birin.

Sepanjang Ramadan, Disdag Kalsel menargetkan 105 kali pasar murah. Kegiatan itu nantinya akan tersebar di 13 kabupaten/kota.

“Berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten kota, kegiatan nantinya dilakukan secara bergantian titik-titiknya,” tambah Kepala Disdag Kalsel, Birhasani.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Zakat Fitrah

Hot Borneo

Dear Muzakki… Yuk Cek Besaran Zakat Fitrah di Banjarmasin

Hot Borneo

Malam Pengujung Ramadan, Empat Rumah Terbakar di Tunggul Irang Seberang Martapura
Ibu Kota Banjarmasin

Hot Borneo

Sederet Kejanggalan UU Pemindahan Ibu Kota Kalsel yang Ditandangani Presiden Jokowi
Laka Maut di Tala

Hot Borneo

Laka Maut Mobil Box vs NMax Tewaskan Tiga Orang di Tala, Simak Kronologisnya
Pemerrasan Haruai Tabalong

Hot Borneo

Diduga Lakukan Pemerasan, Warga Haruai Tabalong Ditangkap Polisi
Dermaga Banjarmasin

Hot Borneo

Dermaga Balai Kota Banjarmasin Ambles, Bukan Aset Pemkot?
Pelantikan Pejabat Kalsel

Hot Borneo

Bergeser, Belasan Pejabat Pemprov Kalsel Dilantik, Intip Besaran Tunjanganya
Kotabaru

Hot Borneo

Pelaku Pesta Sabu-Curi Sawit Kotabaru Diduga Eks Kades yang Buron di Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com