Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Detik-Detik Gagalnya Kucing Lewati Pelabuhan Banjarmasin

Hewan berkaki empat tersebut dikirim dari Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya. Proses pengamanan sempat diwarnai adu argumentasi sopir dengan petugas karantina pertanian.
- Apahabar.com     Jumat, 8 April 2022 - 03:29 WITA

Detik-Detik Gagalnya Kucing Lewati Pelabuhan Banjarmasin

Petugas mengamankan seekor kucing yang dibawa oleh seorang sopir dari Surabaya. Foto-foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Balai Karantina Pertanian menggagalkan masuknya seekor kucing melalui Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Kamis malam (7/4).

Diketahui hewan berkaki empat tersebut dikirim dari Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya. Proses pengamanan sempat diwarnai adu argumentasi, antara sopir dengan petugas karantina pertanian.

“Ada membawa kucing, itu istri daripada sopir,” ujar Subkoordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Lulus Riyanto saat operasi patuh terpadu.

“Sempat juga marah-marah tapi kita beri pemahaman terkait aturan yang harus dipenuhi,” sambungnya.

Ia menjelaskan hewan yang tidak melengkapi sertifikat kesehatan berpotensi menularkan penyakit rabies. Hasilnya, kucing tersebut diamankan di Balai Karantina Pertanian untuk sementara waktu.

Jika tetap tidak melengkapi dokumen karantina, otomatis kucing tersebut dikembalikan ke Surabaya. “Bisa jadi ditolak, artinya tidak memenuhi persyaratan dan dikembalikan ke Surabaya,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya ingin ketaatan masyarakat akan peraturan karantina, meningkat. Baik terkait hewan, tumbuhan, sumber daya alam hayati hingga pangan dan pakan. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 tahun 2019.

Diketahui dalam operasi patuh terpadu, Balai Karantina Pertanian turut melibatkan Balai Karantina Ikan, BKSDA hingga KSOP Banjarmasin.

“Menjelang Idulfitri, kita tingkatkan pengawasan untuk menjamin konsumsi masyarakat terkait media pembawa hewan dan ikan aman,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Penemuan Mayat Aluh-Aluh

Hot Borneo

Penemuan Mayat di Aluh-Aluh, Diduga Meninggal Saat Mencari Ikan
Barabai HST

Hot Borneo

Bayi Dibuang di Benawa HST: Hasil Hugel, Pelaku Berdalih Panik

Hot Borneo

Potret Khusyuknya Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di Banjarmasin
Jembatan Pulau Laut

Hot Borneo

UPDATE Megaproyek Jembatan Pulau Laut Kotabaru, Dikebut Diam-diam!
Korban Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan

Hot Borneo

Korban Meninggal Akibat Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan Diterbangkan ke Medan

Hot Borneo

Pemotor Tewas Usai Adu Banteng dengan 2 Mobil di Banjarbaru, Begini Kronologinya!
Oknum pegawai bank main binomo

Hot Borneo

Main Binomo, Oknum Pegawai Bank di Banjarmasin Rugikan Negara Rp1,1 Miliar

Hot Borneo

Aksi Terekam CCTV, Maling Motor di Benua Anyar Banjarmasin Ditangkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com