Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Dispersip Balangan Mendapat Kepercayaan Jadi Perpustakaan Berbasis Inklusi di Kalsel

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Balangan, Tamrin, menjelaskan pada 2022 Kabupaten Balangan mendapatkan kepercayaan...
- Apahabar.com     Minggu, 24 April 2022 - 16:15 WITA

Dispersip Balangan Mendapat Kepercayaan Jadi Perpustakaan Berbasis Inklusi di Kalsel

Penandatanganan kerjasama MoU terkait layanan perpustakaan keliling dan layanan perpustakaan pada LKSA Al-Tamar dengan Konsultan Perpustakaan Nasional RI, Syaicho Aziz, Kamis (21/4). Foto: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Balangan, Tamrin, menjelaskan pada 2022 Kabupaten Balangan mendapatkan kepercayaan dari pemprov dan pusat, menjadi salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang menerapkan perpustakaan berbasis inklusi.

“Ini adalah sebuah penghargaan sekaligus tantangan bagi kami, agar bisa melakukan program ini dengan betul-betul dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan,” jelas Tamrin, Sabtu (23/4).

Menurut dia, perpustakaan berbasis inklusi adalah bagaimana untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui perpustakaan, seluruh informasi yang bersumber dari buku maupun literasi yang ada akan diterapkan di Kabupaten Balangan.

“Ke depan kami juga melakukan beberapa kerja sama dengan stakeholder seperti hari ini dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag melalui sekolah, yaitu untuk meningkatkan SDM menuju ke arah SDM yang lebih unggul,” ungkapnya.

Konsultan Perpustakaan Nasional RI, Syaicho Aziz mengatakan Kabupaten Balangan diharapkan bida menjadi motor di Kalsel untuk perpustakaan bernasis inklusi.

“Kami berharap Kabupaten Balangan ini menjadi motor untuk Kalimantan Selatan di tahun 2022 ini, sehingga bisa menginspirasi kabupaten-kabupaten lain di Kalsel karena Balangan ini sudah mulai terstruktur pelaksanaannya,” kata Syaicho Aziz pada kegiatan penandatanganan kerja sama berbentuk MoU terkait layanan perpustakaan keliling dan layanan perpustakaan pada LKSA Al-Tamar, Kamis (21/4).

Dia menerangkan, setelah memonitoring kegiatan dari Dispersip Balangan ini hasilnya cukup membanggakan, karena dirasanya berbagai kegiatan sudah berjalan dari apa yang Dispersip rencanakan sebelumnya.

Selain itu, pihaknya juga siap meyakinkan kepada Perpusnas bahwa Kabupaten Balangan sudah siap mengimplementasi program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial pada 2022 ini.

Untuk diketahui, perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Azasi Manusia (HAM).

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PKK

Pemkab Balangan

HUT IGTKI-PGRI Ke-71, Ketua TP PKK: Tenaga Pendidik Harus Lebih Responsif

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Gelar Tanam Padi Bersama Kelompok Tani Sinar Harapan Balida
Rest Area Dekranasda

Pemkab Balangan

Potensial Pasarkan Produk UMKM, Bupati Minta Pengelola Rest Area Dekranasda Balangan Berinovasi
apahabar.com

Pemkab Balangan

Salat Iduladha di Masjid Al Akbar, Ansharuddin: Sikapi Musibah dengan Sabar
apahabar.com

Pemkab Balangan

Banyak Lampu Jalan Mati di Balangan, Dishub Respons Keluhan Warga
apahabar.com

Pemkab Balangan

Dinas Koperasi Balangan Buka Pendaftaran BPUM
Karhutla

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Gelar Apel Siaga Karhutla
apahabar.com

Pemkab Balangan

Bupati Balangan H Ansharuddin Serahkan Rumah Hasil Bedah Rumah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com