Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Dituding Cemari Lingkungan, Bos Warung Nonhalal di Veteran Respons Santai

- Apahabar.com     Kamis, 14 April 2022 - 14:48 WITA

Dituding Cemari Lingkungan, Bos Warung Nonhalal di Veteran Respons Santai

Tim DLH memeriksa sampel limbah di drainase depan rumah makan Cek Nin. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Persoalan limbah di rumah makan Cek Nin, Jalan Veteran mencuat setelah insiden ribut-ribut dengan Satpol PP. Kini, kasusnya ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Teranyar, pemilik rumah makan tersebut, Nico Kosasih angkat bicara. Kosasih berkata jika sudah berupaya semaksimal mungkin memaksimalkan dampak limbah dengan menggunakan grease trap atau bak lemak.

Namun saking banyaknya, limbah tetap menjalar hingga ke drainase rumah makan. “Ya salurannya kan langsung ke sana,” ujarnya kepada apahabar.com, Kamis (14/4).

Kosasih mengakui jika tokonya itu bukan milik pribadi. Sebelumnya, ia hanya berjualan di tempat kecil. Baru sekitar empat tahun lalu, warung Cek Nin miliknya pindah ke Jalan Veteran, Banjarmasin Tengah.

“Cuma mungkin tidak ada bak penampungan di depan dikarenakan ini tempat masih sewa, bukan punya sendiri,” ucapnya.

Nico juga menjawab santai saat ditanya apakah limbah tersebut merupakan sisa bahan makanan. “Terus [kalau bukan memangnya] limbah apa mas?” tuturnya.

Masalah itu, kata dia, juga sudah ditangani oleh DLH Banjarmasin. Terhitung Rabu kemarin (13/4), tim DLH sudah melakukan pengambilan sampel di depan drainase rumah makan.

Hasilnya, lanjut dia, bahwa DLH mengarahkan untuk berkonsultasi dengan Perusahaan Daerah Penanganan Air Limbah (PD PAL). “Yaa.. namanya selokan juga enggak tahu ‘kan datangnya dari mana,” ucapnya.

Kendati begitu, Kosasih menekankan jika pihaknya siap manut dan taat pada DLH Banjarmasin usai mencarikan solusi penanganan limbah. Seperti halnya larangan dalam Perda Ramadan, jika Satpol PP Banjarmasin mensosialisasikannya terlebih dahulu.

“Saya warga harus taat pada pemerintah,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya usai berseteru dengan Satpol PP, rumah makan Cek Nin kembali jadi sorotan. Penyebabnya bukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2005 tentang Larangan Kegiatan Selama Ramadan, melainkan laporan warga soal dugaan pencemaran limbah rumah.

Pengaduan itu diketahui melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Baiman.

“Rumah makan Cek Nin diduga membuang sampah sisa makanan langsung ke saluran air atau got,” tulis warga dalam kolom pengaduan, Rabu (13/4).

Pencemaran limbah dari sisa makanan tersebut menimbulkan bau menyengat dan menumpuk di drainase. “Mohon instansi yang berwenang menindaklanjuti ke lapangan, terima kasih,” imbuhnya.

Tak lama berselang, laporan langsung ditindaklanjuti Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin. Mereka menurunkan petugas untuk mengambil sampel air. “Laporan baru masuk dan langsung ditindaklanjuti,” jelas Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono, kepada apahabar.com.

Selanjutnya tinggal menunggu hasil pengujian. “Akan segera disampaikan dalam sekitar lima hari mendatang,” pungkasnya. Sementara berdasarkan pantauan apahabar.com di lokasi, warna air di saluran tersebut hitam pekat. Juga terlihat sisa-sisa bahan makanan.

View this post on Instagram

A post shared by apahabar.com (@apahabar)

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tahanan Wanita

Hot Borneo

Tahanan Wanita Barabai Kabur, Kemenkumham Selisik Dugaan Kelalaian-Bantuan Petugas!
Puting Beliung Banjar

Hot Borneo

Yang Tersisa dari Sapuan Puting Beliung di Sungai Tabuk Banjar
Pelangsir Banjarmasin

Hot Borneo

Pak Menteri! Pelangsiran Makin Terang-terangan di Banjarmasin
Pelecehan Seksual ke Anak Kecil

Hot Borneo

Viral, Aksi Pria Melakukan Pelecehan Seksual ke Anak Kecil Tertangkap CCTV
Polisi banjarmasin

Hot Borneo

DITAHAN! Briptu MS Suami ‘Ratu’ Arisan Bodong Banjarmasin

Hot Borneo

Laka Maut di Angkinang HSS, Wanita Tewas Tergeletak Diduga Korban Tabrak Lari

Hot Borneo

Masih Berseliweran, Nasib Angkutan ‘Siluman’ di Kalsel Tinggal Tunggu Waktu
Lebaran

Hot Borneo

Selain ke Kotabaru, Ditlantas Polda Kalsel Juga Pantau Pos Pengamanan di Tabalong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com