Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Dorong Ekonomi Kreatif, Kemenkumham Seminar Cara Gampang Daftar Hak Cipta

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalsel menggelar Seminar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Hak Cipta
- Apahabar.com     Selasa, 19 April 2022 - 20:38 WITA

Dorong Ekonomi Kreatif, Kemenkumham Seminar Cara Gampang Daftar Hak Cipta

Kemenkumham Kalsel menggelar Seminar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Hak Cipta. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalsel menggelar Seminar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Hak Cipta pada Pegiat Seni dan Budaya Kalsel.

Mereka dikenalkan proses baru Administrasif Dalam Pendaftaran Hak Cipta Melalui Sistem Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta  (POP HC).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Lilik Sujandi mengatakan, perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) merupakan upaya pemerintah mendorong ekonomi kereatif lokal.

Hal itu penting dalam pembangunan nasional dan berkontribusi secara signifikan dalam perkembangan perekonomian baik nasional, maupun daerah.

“Karenanya memasyarakatkan dan melindungi pentingnya kekayaan intelektual menjadi salah satu prioritas Kanwil Kemenkumham Kalsel,” kata Lilik membuka seminar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Hak Cipta yang digelar di Hotel Roditha Banjarmasin, Selasa (19/4/2022).

Perlu di sampaikan sebanyak 83.076 ciptaan di tahun 2021 yang sudah kita catatkan perlindungan kekayaan intelektualnya dan sebanyak 62% dari pencatatan ciptaan tersebut adalah jenis karya tulis. Hal ini menunjukkan minat dan kreativitas masyarakat Kalimantan Selatan dalam menghasilkan karya tulis begitu tinggi khususnya dari kalangan akademisi dan universitas dan hal inilah yang terus kami dorong untuk terus ditingkatkan.

Kegiatan Seminar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Hak Cipta menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Ditjen Kekayaan Intelektual, Anggoro Dasananto serta Komisioner Bidang Hukum dan Litigasi Lembaga Menajemen Kolektif Nasional (LMKN) yaitu Marulam J. Hutauruk dan Rien Uthami Dewi yang mengupas terkait aspek hukum dan proses administrasi dalam pendaftaran hak cipta melalui POP HC yang mempermudah proses pencatatan tersebut.

“Dengan kehadiran para narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, kegiatan ini dapat menjadi suatu ruang diskusi yang sangat bermanfaat dan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang penting bagi peserta dan juga bagi perkembangan regulasi pencatatan hak cipta kedepannya,” pungkas Lilik.

Tak lupa Lilik Sujandi juga memberikan apresiasi atas animo peserta dalam mengikuti kegiatan ini dan mengajak masyarakat Kalimantan Selatan untuk berlomba melahirkan karya kreatif yang bermanfaat, bukan saja manfaat ekonomis bagi penciptanya tetapi juga bagi kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

“Melalui kegiatan ini juga harapannya masyarakat umum selaku konsumen, dapat lebih memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap karya-karya intelektual, dengan tidak melakukan tindakan melanggar hukum seperti memalsu atau membajak karya orang lain,” pungkas Lilik.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kecelakaan Maut Banjarbaru

News

Kronologis Kecelakaan Maut di Guntung Banjarbaru, Gagal Nyalip hingga Terpental

News

Jokowi Imbau Pejabat Negara hingga Swasta Tunaikan Zakat Melalui Baznas
Kebakaran

News

Brakkk! Mobil BPK di Banjarmasin Kembali Tabrak 2 Pemotor

News

Bantu Pasien Kanker Anak, YKI Banjarmasin Bikin Hotline dan Berbagi Kasih
DPRD

News

Wakil Rakyat Kalsel Cek Pemakaian Dana Desa
Forda Kalsel

News

Forda Kalsel 2022 Resmi Ditutup, Banjarmasin Juara Umum
apahabar.com

News

Fantastis! Freeport Bakal Setor Ribuan Triliun ke Negara

News

Pendaftaran Calon Bintara Polisi di Polres Kotabaru Diserbu Ratusan Pemuda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com