Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Dukung Keputusan Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, YLKI: Biar CPO Jera

- Apahabar.com     Sabtu, 23 April 2022 - 12:59 WITA

Dukung Keputusan Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, YLKI: Biar CPO Jera

Ilustrasi. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung penuh kebijakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melarang ekspor bahan baku minyak goreng maupun minyak goreng, mulai 28 April 2022.

Ketua Harian YLKI Tulus Abadi melihat, larangan ekspor bahan baku minyak goreng maupun ekspor minyak goreng menjadi bentuk hukuman terhadap industri CPO yang dinilai jumawa. Industri tidak sedikit pun memberikan ruang relaksasi terhadap harga minyak goreng di pasar domestik di tengah mahalnya harga CPO dunia.

“Industri CPO benar-benar hanya menggunakan standar CPO dunia (yang masih tinggi). Dan memasok minyak goreng domestik (dengan harga) sangat tinggi pula,” ujarnya di Jakarta, seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (23/4).

Untuk itu, dia berharap kebijakan larangan ekspor tersebut dapat membuat industri CPO jera. Walaupun kebijakan ini juga diakui akan menggerus pendapatan devisa negara secara signifikan.

“Secara politis, larangan ekspor CPO oleh presiden Jokowi bisa dipahami dan patut di dukung,” tutupnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng maupun minyak goreng, mulai 28 April 2022. Kebijakan ini diputuskan dalam rapat terbatas bersama jajaran menterinya, pada Jumat 22 April 2022.

“Hari ini saya telah memimpin rapat tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat utamanya, yang berkaitan dengan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.

“Dalam rapat tersebut, telah saya putuskan pemerintah melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng, mulai Kamis 28 April 2022 sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” sambungnya.

Jokowi menekankan dirinya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini. Hal ini agar stok minyak goreng di dalam negeri tercukupi dengan harga yang juga terjangkau.

“Saya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini agar ketersediaan minyak goreng di dalam negeri melimpah dengan harga terjangkau,” jelas Jokowi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir Cirebon

News

Banjir Cirebon; 2.433 Rumah Terendam
Pria Bertato Banjarmasin

News

Mabuk Tenteng Sajam, ‘Jagau’ Bertato Ngamuk di Kuin Cerucuk Banjarmasin

News

Dibentuk Agar Berguna Untuk Kemanusiaan, Baguna PDI Perjuangan Kalsel Bukan Gaya-gayaan
Jokowi

News

Lagi, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Beli Produk Dalam Negeri 
Bansos

News

Sri Mulyani Tambah Anggaran Bansos Jadi Rp431,5 Triliun
Ilustrasi, Jet tempur F-35 milik Amerika Serikat. Foto-Net. Foto-

News

Disebut Pungut Puing Jet Tempur F-35, China: Kami Tidak Tertarik
THR

News

Pemerintah Tegaskan THR Pekerja Diberikan Penuh Tahun Ini

News

Arab Saudi Umumkan Idulfitri 1443 Hijriah Jatuh 2 Mei
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com