Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Erick Thohir Terbitkan SE Cegah Kekerasan-Pelecehan di BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menerbitkan surat edaran nomor SE-3/MBU/04/2022 tentang kebijakan berperilaku saling menghargai di tempat
- Apahabar.com     Sabtu, 16 April 2022 - 11:14 WITA

Erick Thohir Terbitkan SE Cegah Kekerasan-Pelecehan di BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir. Foto-BUMN

apahabar.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menerbitkan surat edaran nomor SE-3/MBU/04/2022 tentang kebijakan berperilaku saling menghargai di tempat kerja atau Respectful Workplace Policy (RWP).

SE ini untuk mencegahan kekerasan dan pelecehan di BUMN dalam rangka menyambut Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Kementerian BUMN berkomitmen menyediakan lingkungan kerja yang saling menghormati, bebas dari diskriminasi, pengucilan atau pembatasan, pelecehan, perundungan, dan berbagai bentuk kekerasan lainnya serta menjunjung tinggi martabat dan harga diri, untuk menjaga produktivitas selama bekerja,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, kutip Okezone, Sabtu (16/4).

Menteri BUMN mengapresiasi pengesahan Rancangan Undang-undang TPKS oleh DPR RI, mengingat hal itu selaras dengan nilai utama BUMN yakni Akhlak dan juga menindaklanjuti Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sesuai Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025.

Selain itu, kata Erick Thohir, Kementerian BUMN juga memberi perhatian pada penyandang disabilitas, kesetaraan gender, serta mencegah adanya bias dan diskriminasi terhadap perempuan di lingkungan BUMN, anak perusahaan BUMN, dan perusahaan afiliasi terkonsolidasi atau Grup BUMN.

Ia meminta seluruh direksi memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan dalam menduduki seluruh tingkat jabatan di perusahaan. Surat edaran ini bertujuan mewujudkan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan harmonis.

“Aturan ini menjadi pedoman seluruh insan BUMN untuk berperilaku sopan dan menghindari berperilaku tidak hormat, termasuk perilaku yang akan menyinggung, mengintimidasi, mempermalukan orang lain, berbagai bentuk pelecehan, perundungan, serta bentuk-bentuk kekerasan lainnya yang berpotensi merendahkan harkat dan martabat kemanusiaan,” ujar Erick Thohir.

Dalam surat edaran ini, Menteri BUMN meminta direksi BUMN menyusun dan menerapkan RWP di lingkungan Grup BUMN. Ia mengaku tidak akan mentolerir setiap tindakan diskriminasi, kekerasan, pelecehan di seluruh lingkungan BUMN. Direksi BUMN ditugaskan menyiapkan program strategis maupun taktis dalam penyusunan dan penerapan RWP.

Erick menyampaikan penerapan RWP mencakup penyiapan pola pikir dan kesadaran, kebijakan tindakan pencegahan, publikasi pencegahan diskriminasi, kekerasan, dan pelecehan, serta sistem kewaspadaan atas risiko kejadian.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pasaman Barat

News

Sejak Kemarin, Pasaman Barat Diguncang 52 Gempa
harga emas hari ini

News

Harga Emas Antam Hari Ini, Rp1 Juta per Gram
Banjir

News

Sangatta Dilanda Banjir, 40 Santri Ponpes Al Munawir Dievakuasi Tim SAR
Bocah Pengungsi Ukraina

News

Kisah Haru Hassan Al-Khalaf, Bocah Ukraina Mengungsi Sendirian ke Slovakia
Kecelakaan Kotabaru

News

Truk Vs Pemotor di Kotabaru, Korban Dilarikan ke Rumah Sakit
Hacker Indonesia

News

Hacker Indonesia Diminta Tidak Ikut Serang Rusia
cuaca kalsel

News

Waspada! Seluruh Wilayah Kalsel Potensi Diguyur Hujan Ringan-Petir
Zairullah Azhar

News

Safari Ramadan ke Tabalong, Zairullah Azhar Ingin Kader PKB Bangun Silaturahmi dengan Ulama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com