Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Gelaran Pangan Murah di Dinas TPH Kalsel Diserbu!

Perdana digear, gelaran pangan murah garapan Dinas TPH Kalsel laris diserbu pengunjung.
- Apahabar.com     Sabtu, 23 April 2022 - 16:25 WITA

Gelaran Pangan Murah di Dinas TPH Kalsel Diserbu!

Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman dan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto saat memantau pelaksanaan GPM. Foto-foto: apahabar.com/Fida Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman dan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto saat memantau pelaksanaan GPM. Foto-foto: apahabar.com/Fida 

apahabar.com, BANJARBARU – Dua hari berturut-turut, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kalsel melaksanakan Gelar Pangan Murah (GPM).

GPM di halaman kantor Dinas TPH Kalsel itu digelar sejak Sabtu hari ini (23/4). Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI.

Adapun produk yang disediakan seperti beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras, daging ayam ras dan produk olahan pangan dan hortikultura lainnya.

“Hari ini kita melaksanakan pasar pangan murah di bawah harga standar, ini semata – mata untuk membantu masyarakat di bulan Ramadan, kita ambil berkahnya,” ujar Syamsir.

Menurutnya, masyarakat antusias sekali dari pagi sebelum GPM dibuka. Hingga diyakininya, dalam kurun waktu satu jam produk di GPM akan ludes terjual.

Selain itu, kata Syamsir juga ada penyerahan bantuan sembako kepada anak yatim piatu dan disabilitas pada pembukaan GPM hari ini.

“Insyaallah ke depan lebih banyak lagi, kita sebagai pintu gerbang IKN sudah menyiapkan klaster hortikultura. Kami berharap petani kita tidak hanya menjadi penonton IKN tapi juga pemasok kebutuhan pangannya,” tuntasnya.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa kegiatan GPM ini merupakan rangkaian yang dilaksanakan di beberapa provinsi secara serentak.

“Intervensi-intervensi harus kita lakukan, kita harus memastikan bahwa pangan itu tersedia. Ini bertujuan untuk mendukung stabilitas harga dan ketersediaan pangan,” terangnya.

Disampaikannya pula pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk seluruh jajarannya agar turun ke lapangan memastikan pangan terjaga dan masyarakat tidak bergejolak dengan ketidakstabilan harga pangan.

“Ini terus kita laksanakan. Kalau ada situasi dan kondisi merah atau defisit stok tidak tersedia, segera kita terjun ke lapangan,” tuntasnya.

Salah satu pengunjung, Rini mengaku sangat senang bisa mendapatkan bahan pangan murah dan berkualitas.

“Saya sudah di sini sebelum GPM dibuka, alhamdulillah senang-lah, soalnya harga-harga sembako saat ini pada naik,” katanya

Dengan berbelanja di GPM, lanjut Rini tentu akan membantu menghemat pengeluarannya selama Ramadan.

“Ya jadi bisa menghemat sedikit,” cetusnya.

Pantauan apahabar.com, kurang dari satu jam, sebagian stan jualan di GPM sudah habis diborong pengunjung.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Soal Pembagian Minyak Goreng Sitaan, Berikut Regulasinya
Banjarmasin

News

Alasan Pandemi, Anggaran ‘Super Jumbo’ Pilkada Banjarmasin 2024 Dinilai Tak Relevan

News

Pelat Nomor Putih Sudah Dijual Online, Awas Ditilang Polisi

News

Akhir MotoGP Indonesia: Macet Parah dan Penonton Terlantar Hingga Tengah Malam
IKN

News

Luhut Klaim UEA Masih Komitmen Investasi Rp293 T untuk IKN
Cuaca Kalsel

News

Cuaca Hari Ini, Hujan Belum Beranjak dari Kalsel!

News

Pengamanan Demonstrasi 11 April, Perwira Brimob Polda Sultra Meninggal
Jalan

News

Perbaikan Jalan Pangeran Hidayutullah Banjarmasin, Warga Keluhkan Debu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com