Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Gunung Anak Krakatau Siaga III, Pemudik Lintas Merak-Bakauheni Diimbau Tenang

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat yang sedang menjalankan mudik melalui
- Apahabar.com     Selasa, 26 April 2022 - 00:34 WITA

Gunung Anak Krakatau Siaga III, Pemudik Lintas Merak-Bakauheni Diimbau Tenang

Gunung anak Krakatau. Foto-Ilustrasi

apahabar.com, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat yang sedang menjalankan mudik melalui penyeberangan Merak-Bakauheni untuk tetap tenang. Meski ada kenaikan aktivitas Gunung Anak Krakatau menjadi siaga III.

“Masyarakat diharapkan tetap tenang karena kegiatan masyarakat ini (penyeberangan via laut Merak-Bakauheni) masih jauh dari radius yang direkomendasikan oleh Badan Geologi yakni radius 5 kilometer,” kata Kepala Pusat PVMBG Hendra Gunawan dalam konferensi pers secara daring, kutip Okezone.

Hendra menyampaikan, Badan Geologi juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama BNPB, BPBD dan BMKG untuk mengantisipasi eskalasi aktivitas vulkanik. Pihaknya juga telah memasang petugas di pos-pos saluran yang siap memantau 24 jam.

Sementara itu, Hendra juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh terhadap berita-berita isu tsunami di wilayah Banten dan Lampung yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia meminta masyarakat untuk memantau melalui situs web resmi Badan Geologi.

“Masyarakat juga diharapkan tetap mengikuti update dari sumber-sumber resmi. Sehingga yang sering membuat kuatir ini adalah hoaks,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, status Gunung Anak Kraktau dinaikan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III), terhitung sejak 24 April 2022, pukul 18.00 WIB.

Dalam laporan Badan Geologi, tampak asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 3.000 meter dari puncak Gunung Anak Krakatau. Sesekali terdengar suara gemuruh letusan dari Gunung Anak Krakatau di Pos Pga Pasauran.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

wayang

News

Wamenag Berharap Masyarakat Ambil Pelajaran dari Polemik ‘Wayang’

News

Cuaca Kalsel Hari Ini: Kotabaru Siap-Siap Hujan

News

Jelang Lebaran, Aksi Nakal Warga Sutoyo Berakhir di Bui

News

Menengok Pesantren Ramadan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin
Tanfidziyah PBNU

News

Ini Alasan Gus Yahya Minta Tanfidziyah PBNU Pakai Celana Panjang
ASN Banjarmasin

News

Dipangkas! Jam Kerja Terbaru ASN Selama Ramadan
Stunting

News

Kaya Hasil Laut, Kotabaru Diharapkan Bebas Kasus Stunting
Kebijakan Menag

News

Kemenag Tentukan Alokasi Kuota Jemaah Haji Khusus dan Reguler Tahun ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com