Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Harga Emas Antam Hari Ini Merosot Jadi Rp993 Ribu per Gram

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam merosot ke posisi Rp993 ribu per gram pada Senin (11/4).
- Apahabar.com     Senin, 11 April 2022 - 10:24 WITA

Harga Emas Antam Hari Ini Merosot Jadi Rp993 Ribu per Gram

Harga emas Antam turun Rp1.000 ke Rp993 ribu per gram pada perdagangan Senin (11/4) pagi. Ilustrasi. Foto-ANTARA

apahabar.com, JAKARTA Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam merosot ke posisi Rp993 ribu per gram pada Senin (11/4).

Harga emas tercatat turun Rp1.000 dari Rp994 ribu per gram pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) turun Rp1.000 dari Rp899 ribu per gram menjadi Rp898 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp548 ribu, 2 gram Rp1,93 juta, 3 gram Rp2,87 juta, 5 gram Rp4,76 juta, 10 gram Rp9,46 juta, 25 gram Rp23,54 juta, dan 50 gram Rp47 juta.

Kemudian, harga emas berukuran 100 gram senilai Rp93,93 juta, 250 gram Rp234,56 juta, 500 gram Rp468,92 juta, dan 1 kilogram Rp937,8 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan, pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX naik 0,45 persen menjadi US$1.950,5 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot turun 0,03 persen ke US$1.946,9 per troy ons pada pagi ini.

Pengamat Komoditas Ariston Tjendra memproyeksikan harga emas internasional naik hari ini. Penguatan ditopang oleh kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi dengan naiknya kembali harga-harga komoditi termasuk komoditas, energi, industri dan pangan.

Pengamat Komoditas Ariston Tjendra memproyeksikan harga emas internasional naik hari ini. Penguatan ditopang oleh kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi dengan naiknya kembali harga-harga komoditi termasuk komoditas, energi, industri dan pangan.

Pemberian sanksi ekonomi terhadap Rusia juga menambah risiko inflasi karena Negeri Beruang Merah termasuk produsen besar beberapa komoditas termasuk minyak mentah, gas, logam, dan gandum. Ariston menyebut berkurangnya atau terhambatnya suplai komoditas dari Rusia, mendorong kenaikan harga.

Selain itu, pekan ini pasar akan memperhatikan rilis data inflasi dari beberapa negara ekonomi besar dunia seperti China, AS, Jerman dan Inggris. Hasil inflasi yang tinggi bisa mendorong kenaikan harga emas.

“Pelaku pasar biasa membeli emas untuk melindungi penurunan nilai aset dari inflasi,” ujarnya, kutip CNNIndonesia.com.

Di sisi lain, kata Ariston, ekspektasi pengetatan moneter AS yang agresif bisa menahan kenaikan harga emas. Sebab, harga emas bisa tertekan dengan menguatnya dolar AS karena ekspektasi tersebut.

Hari ini, ia meramalkan harga emas internasional berada dalam rentang support US$1.925 per troy ons dan resistance US$1.970 per troy ons.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jokowi

News

Lagi, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Beli Produk Dalam Negeri 

News

Resmi! Pengusaha Advertising Nahkodai Hipmi Tanah Laut
Bekantan Banjarmasin

News

Menteri Siti Beri Nama Bayi Bekantan Banjarmasin
Cuaca Kalsel Hari Ini

BNN Kota Banjarmasin

Cuaca Kalsel Hari Ini: Nihil Peringatan Dini, Semua Wilayah Potensi Cerah Berawan
Serang Kapal Asing

News

Rusia Tegaskan Akan Serang Kapal Asing yang Masuk Wilayah Mereka
Pesantren

News

Nyaris Seribu Pelajar Masuk Pesantren Ramadan di Masjid Agung Kotabaru 
Pasar Tabalong

News

Harga Daging Ayam di Pasar Tanjung Tabalong Naik Terus, Cabe-Bawang Turun
Polres Kutai Kartanegara berhasil meringkus dua orang tersangka yang melakukan pengetapan solar subsidi di SPBU. Foto-Istimewa

News

Sehari Jelang Ramadan, Waterpark di Mabuun Tabalong Ramai Pengunjung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com