Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Jaga Kearifan Lokal, PT Aje & Buma Serahkan Gendang Beleq untuk Desa Makmur

Gendang Beleq merupakan salah satu musik tradisional yang telah diwariskan orang pendahulu masyarakat Suku Sasak pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
- Apahabar.com     Rabu, 6 April 2022 - 14:10 WITA

Jaga Kearifan Lokal, PT Aje & Buma Serahkan Gendang Beleq untuk Desa Makmur

Penyerahan bantuan alat kesenian Gendang Beleq di Desa Makmur, Kecamatan Angsana. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – PT Angsana Jaya Energi (Aje) bersama kontraktornya PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma) memberi fasilitas berupa perangkat “Gendang Beleq” ke masyarakat Desa Makmur,  Kabupaten Tanah Bumbu.

Bantuan Gendang Beleq dalam rangka melestarikan kearifan lokal berbasis seni dan budaya di desa tersebut. Proses penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan perwakilan PT Aje, Dimas Fikri, didampingi perwakilan PT Buma, Imam Mahmuda, dan diterima oleh Sekretaris Desa Makmur, Ashari Atmaja di Gedung Serbaguna desa setempat

“Bantuan seperangkat alat musik daerah berupa Gendang Beleq untuk Desa Makmur ini merupakan anggaran CSR tahun 2021,” kata Dimas Fikri, Rabu (6/4).

Diketahui Gendang Beleq merupakan salah satu musik tradisional yang telah diwariskan orang pendahulu masyarakat Suku Sasak pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Jadi masyarakat Desa Makmur ini merupakan masyarakat transmigrasi dari NTB, untuk itu mereka menginginkan peralatan musik tersebut,” ucap Dimas Fikri.

Dimas Fikri menambahkan peruntukan anggaran CSR dari PT Aje dan PT Buma tidak hanya berupa pembangunan fisik saja. Namun, pembangunan sumber daya manusia dan seni budaya juga masuk dalam program tersebut.

“Untuk itu, keperluan masyarakat desa yang masuk dalam ring tambang PT Aje bisa kami realisasikan melalui program CSR,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Dolar Melemah

News

Fed Menaikkan Suku Bunga Acuan, Dolar Terus Melemah di Sesi Asia
Sabu

News

Peternak dan Buruh di Banjarbaru Diciduk Polisi Sebelum Sempat Jual Narkoba

News

Tak Perlu Tunggu Usia 56 Tahun, Ini Syarat Cairkan JHT Sesuai Aturan Lama
Migor Langka

News

Sempat Langka, Migor di Pasar Tanjung Tersedia Meski di Atas HET
IKN

News

Koordinasi Dengan Kejagung, Kepala Otorita IKN Bahas Tiga Aspek Datangkan Investor
Covid-19

News

Mantan Wali Kota Balikpapan Positif, Kena Tipu Obat Covid-19 Rp10 Juta
Hasil SNMPTN 2022

News

Dear Calon Mahasiswa! Hasil SNMPTN 2022 Diumumkan Besok, Begini Cara Cek Hasilnya
Asean

News

Menteri Nadiem Usul Indonesian Language Jadi Bahasa Resmi Asean!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com