Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Kabar Baik! Pekerja Bergaji di Bawah Rp3 Juta Dapat Bantuan Subsidi Upah

- Apahabar.com     Selasa, 5 April 2022 - 14:51 WITA

Kabar Baik! Pekerja Bergaji di Bawah Rp3 Juta Dapat Bantuan Subsidi Upah

Pekerja bergaji di bawah Rp3 juta akan menerima Bantuan Subsidi Upah. Foto: Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah akan kembali membagikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada tenaga kerja di tengah lonjakan harga pangan, serta barang dan jasa lain.

Pemberian BSU itu diputuskan Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna tentang antisipasi situasi dan perkembangan ekonomi dunia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4).

Dalam keterangan pers setelah sidang kabinet, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan sejumlah arahan Presiden.

Salah satunya soal BSU yang diberikan kepada tenaga kerja dengan gaji di bawah Rp3 juta. Diperkirakan jumlah pekerja yang menerima BSI ini mencapai 8,8 juta orang dan menghabiskan anggaran sebesar Rp8,8 triliun.

“Berdasarkan arahan Presiden, Program BSU akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3 juta,” jelas Airlangga.

Sebelumnya sepanjang 2021, BSU sudah diberikan sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan. Dengan demikian, tenaga kerja akan menerima dana sebesar Rp 1 juta sekaligus.

Penyaluran dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Apabila sudah terdaftar sebagai penerima BSU, dana akan langsung ditransfer BPJS Ketenagakerjaan ke rekening penerima.

Selain BSU untuk pekerja, pemerintah juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp300 ribu untuk tiga bulan.

BLT minyak goreng tersebut diterima 18,8 juta pemilik kartu sembako, serta 2 juta peserta Program Keluarga Harapan.

Dalam kesempatan terpisah, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjelaskan BSU untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp3 juta per bulan dicairkan April 2022.

“Pemberian BSU dilakukan mulai April 2022,” jelas Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan seperti dilansir Kompas.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ramadan

News

Halo Warga Banjarmasin! Distribusi Air Bersih Dijamin Aman Saat Ramadan
Migor Tabalong

News

Pesan ke PPI, Pemkab Tabalong Siasati Kelangkaan Migor Curah
Sabu

News

Edarkan Sabu, Oknum PNS Bontang Ditangkap Dalam Bus Pemkot
Guru Wildan Salman

Hot Borneo

Guru Wildan Ingatkan Bahaya Ingkar Janji di Pelantikan 87 Pejabat Administrator Pemprov Kalsel

News

Migor Curah Mulai Didistribusikan di Tabalong, Catat Syarat & Ketentuannya

News

Bakal Dijual Mahal ke Luar Jakarta, Truk Bermuatan 26 Ton Minyak Goreng Diamankan Polisi
Pekerja Balikpapan

News

2 Pekerja Tersengat Listrik Saat Perbaiki Atap di Balikpapan, Satu Tewas
Presiden Jokowi

News

Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com