Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Kasatpol PP Banjar Ingatkan Perda Ramadan Masih Berlaku, Simak Aturannya

Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar, Irwan Kumar mengingatkan Perda Ramadan yang harus dipatuhi pedagang dan pembeli.
- Apahabar.com     Sabtu, 9 April 2022 - 16:13 WITA

Kasatpol PP Banjar Ingatkan Perda Ramadan Masih Berlaku, Simak Aturannya

Anggota Satpol PP Banjar saat memasang spanduk sosialisasi Perda Ramadan sebelum bulan suci tiba. Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar, Irwan Kumar mengingatkan warga termasuk pedagang warung makan bahwa ada Perda Ramadan yang harus dipatuhi bersama.

Perda dimaksud yakni Perda nomor 5 tahun 2004 tentang membuka restoran, warung, rombong dan sejenis serta makan, minum dan atau merokok di tempat umum pada bulan Ramadan.

“Para pedagang harus mematuhi Perda Ramadan, jangan membuka sebelum jam tiga untuk menghormati orang berpuasa, jadi mulai bukanya jam tiga saja,” ujar Kasatpol PP Irwan Kumar kepada apahabar.com.

Irwan melanjutkan, sosialisasi Perda Ramadan ini sudah pihaknya lakukan sepekan sebelum Ramadan ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Banjar, sehingga agar tidak ada lagi yang beralasan tidak tahu atas Perda tersebut.

Irwan menambahkan, bila nantinya ada ditemukan pelanggaran pihaknya menindak sesuai prusedur, yakni dengan lebih dahulu memberikan surat peringatan (SP).

“Kalau pelanggarannya sampai berulang-ulang kita beri sanksi tegas,” pungkasnya.

Berikut adalah Perda nomor 5 tahun 2004 atas perubahan Perda nomor 10 tahun 2001 tentang membuka restoran, warung, rombong dan sejenis serta makan, minum dan atau merokok di tempat umum pada bulan Ramadan:

Pasal 2

(1) Setiap orang dilarang membuka restoran, warung, rombong dan yang sejenis pada bulan Ramadhan di wilayah Kabupaten Banjar.

(2) Setiap orang dilarang makan, minum dan/atau merokok di restoran, warung, rombong dan yang sejenis sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, dan ditempat-tempat umum.

Pasal 3

Tidak termasuk dalam larangan sebagaimana dimaksud Pasal 2 Peraturan Daerah ini adalah:

(1) Setiap orang yang membuka restoran, warung, rombong dan yang sejenis dengan maksud untuk menyediakan orang yang berbuka puasa mulai pukul 17.00 wita.

(2) Setiap orang yang berjualan makanan dan minuman di lokasi Pasar Wadai atau yang sejenis yang membuka dagangannya mulai pukul 15.00 wita.

Pasal 5

(1) Barang siapa melanggar ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan ayat (3) Peraturan Daerah ini, diancam pidana kurungan paling lama tiga bulan dan/atau denda paling banyak Rp. 2.500.000.

(2) Barang siapa melanggar ketentuan Pasal 2 ayat (2) Peraturan Daerah ini, diancam pidana kurungan paling lama tujuh hari dan/atau denda paling banyak Rp 50.000.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bupati Banjar Saidi Mansyur

Pemkab Banjar

Bupati Banjar dan Jajaran Bayar Zakat Lewat Baznas

Pemkab Banjar

Harjad 71 Kabupaten Banjar, Bupati Beri Penghargaan SKPD Berprestasi
Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dengan Direktur Utama PD Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah menandatangani perjanjian kinerja 2022. di Aula Barakat Martapura, Senin (31/1), dengan tujuan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pemkab Banjar

Teken Perjanjian Kinerja, PD Pasar Diharap Mampu Meningkatkan PAD

Pemkab Banjar

Perbaikan 13 Rumah Korban Puting Beliung di Martapura Barat Selesai
Kunjungan Pemkab Banjar ke Kemenkes meminta 811 ribu dosis vaksin tambahan, Selasa (25/1). Foto-istimewa.

Pemkab Banjar

Ke Kemenkes, Pemkab Banjar Minta Tambahan 811 Ribu Vaksin

Pemkab Banjar

Kejar Target 70 Persen Vaksinasi, Bupati Banjar Siapkan Reward
Kapolres Cup Banjar

Pemkab Banjar

Lama Vakum, Turnamen Tenis Kapolres Cup Banjar Kembali Cari Juara

Pemkab Banjar

Upaya Pemkab Banjar Atasi Masalah Sampah, Bidik 50 TPS dan 5 Truk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com