Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Kemarau, BPBD Kapuas Imbau Camat Antisipasi Karhutla

Para camat, kepala desa dan lurah di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diimbau agar dapat mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)...
- Apahabar.com     Rabu, 13 April 2022 - 08:46 WITA

Kemarau, BPBD Kapuas Imbau Camat Antisipasi Karhutla

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalteng. Foto: REQnews.com

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Para camat, kepala desa dan lurah di Kabupaten Kapuas, Kalteng, diimbau agar dapat mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kalteng bahwa mulai Mei 2022 merupakan awal musim kemarau.

“Musim kemarau akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus 2022. Untuk itu kami mengimbau teman-teman camat, kades dan lurah agar mengantisipasi musim kemarau ini,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (12/4) malam.

BPBD Kapuas

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-apahabar.com/Irfansyah

Adapun antisipasi yang perlu dilakukan di antaranya mengkoordinasikan serta melakukan langkah intensif upaya pencegahan dini karhutla

Adapun upaya pencegahan dini Karhutla dilakukan melalui kegiatan sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat, terutama bagi pemilik lahan.

“Agar pemilik lahan dapat membersihkan dan memanfaatkan lahan-lahan terlantar untuk usaha-usaha yang produktif serta tidak membakar lahan secara sembarangan pada musim kemarau,” ujar Panahatan.

Kemudian perusahaan besar swasta (PBS) khususnya yang bergerak dibidang pertanian/perkebunan dan kehutanan agar turut serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayahnya.

“Antisipasi selanjutnya adalah dengan melakukan patroli dan pantauan secara rutin ke wilayah yang rawan Karhutla serta melakukan tindakan cepat jika terdapat potensi sekecil apapun yang dapat menimbulkan Karhutla,” pungkas Panahatan Sinaga.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pencabulan

Hot Borneo

Cabuli Santriwati hingga Hamil, Pimpinan Ponpes di Kukar Diringkus di Bojonegoro
cuaca Kalsel

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Hujan Berpetir dan Angin Kencang
Indekos Putri

Hot Borneo

Brakk…Indekos Putri Berlantai 2 di Banjarmasin Utara Ambruk!

Hot Borneo

Melawan Buaya dengan Tangan Kosong, Pria di Bontang Selamat Dari Maut
KPU Tanah Bumbu

Hot Borneo

Wacana Penundaan Pemilu 2024, Ketua KPU Tanbu: Kami Fokus Penyelenggaraan
Sel Tahanan

Hot Borneo

Niat Membesuk, 2 Pria Tanbu Malah Seludupkan Sabu ke Sel Tahanan Polisi!
Bapelkes Banjarbaru

Hot Borneo

Akhirnya! Polisi Bongkar Biang Kebakaran Belakang Bapelkes Banjarbaru
NU Banjar

Hot Borneo

NU Banjar Siap Sukseskan Program Pemberian 1 Juta Vaksin Jelang Lebaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com