Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

KPPU Pelototi Harga Minyak Curah di Kota Balikpapan

Distributor besar tersebut tidak memiliki alasan menjual di atas HET karena telah mendapat harga modal pembelian di bawah HET ditambah sharing profit dengan produsen.
- Apahabar.com     Rabu, 20 April 2022 - 19:50 WITA

KPPU Pelototi Harga Minyak Curah di Kota Balikpapan

Rata-rata pedagang di pasar menjual minyak goreng curah dengan harga Rp20 ribu per liter yang dikemas ulang di dalam bekas botol minuman kemasan. apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Harga minyak goreng di Balikpapan hingga saat ini masih melambung tinggi. Termasuk minyak goreng curah.

Pantauan terbaru apahabar.com, harga minyak goreng masih dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Hal itupun mengundang sorotan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Balikpapan.

Dari pantauan KPPU Balikpapan, pedagang di pasar menjual minyak goreng curah dengan harga Rp20 ribu per liter yang dikemas ulang di dalam bekas botol minuman kemasan.

“Berdasarkan pengakuan dari pedagang tersebut sudah mendapatkan harga modal yang diatas HET dari pedagang besar,” kata Manaek Pasaribu, Kepala KPPU Balikpapan pada Rabu (20/4).

Tak hanya itu, KPPU juga melakukan pemantauan di pasar lain sekaligus distributor minyak goreng curah di Balikpapan. Ia mendapati harga minyak goreng curah dijual dengan harga Rp260 ribu per jeriken atau sekitar 18 kilogram atau per liternya seharga Rp14.500.

Tentunya distributor besar tersebut telah menjual harga di atas HET. Pemerintah menetapkan dua harga HET untuk minyak goreng curah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan HET Minyak Goreng Curah. Di mana, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengganti HET minyak goreng curah menjadi Rp14.000,-per liter atau Rp15.500 per kilogram.

“Distributor besar tersebut tidak memiliki alasan menjual di atas HET karena telah mendapat harga modal pembelian di bawah HET ditambah sharing profit dengan produsen. Sehingga apapun kondisinya, masyarakat berhak mendapat minyak goreng curah seharga Rp14.000,- per liter atau Rp15.500 per kilogram,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan dalam minggu ini, masih terdapat spekulan yang berusaha mendapatkan keuntungan dengan melanggar peraturan.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PTM Terbatas

News

Jelang PTM Terbatas, Dosen Hingga Mahasiswa Uniska Banjarmasin Ikut Vaksinasi Booster
Pengeroyokan

News

Ada 2 Klaster, Ini Daftar Tersangka Pengeroyokan Ade Armando
HIPMI

News

Mardani H Maming Support Permintaan Presiden HIPMI Gunakan 40 Persen Anggaran untuk Produk Lokal
Webometrics

News

Nih! 10 Kampus Terbaik di Luar Jawa Versi Webometrics 2022, Ada Tetangga ULM
Dolar Melemah

News

Fed Menaikkan Suku Bunga Acuan, Dolar Terus Melemah di Sesi Asia
tarawih perdana

News

Melihat Tarawih Perdana di Masjid Terbesar Kalsel, Penuh-Sesak hingga 20 Rakaat

News

Produk UMKM Binaan Dekranasda Banjarbaru Dipuji Peserta W20
Bayi Mantuil

News

Fakta Mencengangkan, Bayi Tewas di Mantuil Dibuang Saat Masih Hidup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com