Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Kuota Haji Kalteng 731 dan Cadangan 147 Orang, Segini Jatah Masing-Masing Kabupaten Kota

- Apahabar.com     Selasa, 26 April 2022 - 22:04 WITA

Kuota Haji Kalteng 731 dan Cadangan 147 Orang, Segini Jatah Masing-Masing Kabupaten Kota

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi (tengah) didampingi Plt Kabid PHU Hasan Basri (kiri) dan Kabag TU Tuani menyampaikan keterangan pers tentang pelaksanaan ibadah haji di Palangka Raya, Selasa (26/4/2022). Foto-Antara/Muhammad Arif Hidayat

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenag Kalteng) menyampaikan kuota atau rekapitulasi nominasi jemaah haji untuk daerah setempat pada 2022 ada 731 orang.

“Kemudian selain yang berhak berangkat, juga ada yang masuk kategori cadangan total 147 orang,” kata Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi di Palangka Raya, Selasa (26/4) dilansir Antara.

Dari total 731 orang kuota haji Kalteng tersebut, terbanyak Kabupaten Kapuas yaitu 181 orang dan paling sedikit Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Selanjutnya dia menyampaikan, untuk kuota kabupaten dan kota lainnya yakni Barito Selatan 67 orang, Barito Timur 26 orang, Barito Utara 61 orang, Katingan 46 orang, dan Kotawaringin Barat 56 orang.

Kotawaringin Timur 95 orang, Lamandau 10 orang, Murung Raya 25 orang, Pulang Pisau 16 orang, Seruyan 8 orang, Sukamara 5 orang, serta Palangka Raya 135 orang.

Penentuan banyaknya kuota haji untuk masing-masing kabupaten kota ini disesuaikan dengan nomor kursi atau urut calon jemaah haji, sehingga didapatkan jumlah tersebut.

Selain itu juga ditetapkan satu orang sebagai pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan empat orang sebagai petugas haji daerah.

Adapun daftar tunggu jemaah haji Kalteng per 22 April 2022 untuk haji reguler sebanyak 39.255 jemaah, dengan estimasi keberangkatan jemaah haji regular untuk pendaftaran per 22 April 2022 adalah 2046 mendatang.

Sementara itu persyaratan yang ditetapkan untuk pelaksanaan ibadah haji 2022 ini, di antaranya usia dibatasi sampai dengan 65 tahun, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, hingga hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 72 jam dari waktu keberangkatan ke Arab Saudi.

Terkait hal itu, Kanwil Kemenag Kalteng telah memverifikasi jemaah haji pelimpahan yang masuk alokasi kuota 1443 hijriah atau 2022 dengan ketentuan, usia minimal 18 tahun per 4 Juni 2022, serta usia di bawah 65 tahun dengan batasan kelahiran tanggal 8 Juli 1957.

“Belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan ibadah haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan ibadah haji terakhir urut porsi,” terangnya.

Kemudian persiapan lainnya, yakni pelaksanaan vaksin pertama, kedua dan penguat, serta vaksin meningitis untuk jemaah haji telah dilaksanakan.

Penyampaian pengumpulan paspor jemaah haji yang telah habis masa berlaku untuk dilakukan unggah paspor jemaah haji pada Januari, serta beberapa persiapan lainnya.

Lebih lanjut Kanwil Kemenag Kalteng menyatakan, sementara ini yang menunda keberangkatan untuk melaksanakan ibadah haji sekitar 22 orang.

Alasan penundaan di antaranya, ada yang merupakan suami istri dan salah satunya tidak bisa berangkat lantaran terkendala batasan usia maksimal syarat berangkat, serta beberapa penyebab lainnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Hot Borneo

Banjarbakula & 3 Kabupaten di Kalsel Waspada Hujan Petir-Angin Kencang
Hut Alri 2022

Hot Borneo

Hujan Warnai Peringatan HUT ALRI 2022 di Kabupaten HSS

Hot Borneo

Breaking News! Remaja Balikpapan Tenggelam di Pantai Tanjung Kelor
Pesta Miras Tapin

Hot Borneo

Kedapatan Pesta Miras, Belasan Pemuda di Tapin Dijemur Polisi
BMKG

Hot Borneo

BMKG Balikpapan Peringatkan Warga Kaltim Cuaca Ekstrim Sepekan ke Depan
buruh

Hot Borneo

Asyik Nge-Fly Sabu, Buruh di Banjarmasin Utara Diciduk Polisi
Banjarbaru

Hot Borneo

Geger! Sopir Asal Bekasi Ditemukan Tewas di Sungai Ulin Banjarbaru
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Kalteng Riza Rahmadi

Hot Borneo

PMK Masuk Kobar, TPHP Kalteng Terapkan Lockdown
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com