Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Marak, Dinsos Tala Rangkul Anak Jalanan & Pengamen-Pengemis

- Apahabar.com     Kamis, 14 April 2022 - 17:09 WITA

Marak, Dinsos Tala Rangkul Anak Jalanan & Pengamen-Pengemis

Kepala Bidang RSPJS, H. Hasan menjadi narasumber program Talk Show di Radio Tuntung Pandang, Rabu (13/04/2022) menyampaikan bahwa Tala tidak memiliki anak jalanan. Foto: Ist

apahabar.com, PELAIHARI – Keberadaan anak jalanan, pengamen maupun pengemis di Kabupaten Tanah Laut, seakan tumbuh subur kendati penegak perda tidak henti-hentinya melakukan razia.

Kondisi tersebut dirasa dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di Bumi Tuntung Pandang. Menyikapi hal demikian, Dinas Sosial Tala melalui Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial (RSPJS) melakukan upaya penanganan permasalahan tersebut.

Salah satunya dengan merangkul mereka sembari memberikan bimbingan dan dorongan motivasi agar dapat mencari penghasilan dengan benar dan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Serta kelayakan dari sisi pendidikan mereka sehingga tidak bekerja dengan mengharapkan ketidakpastian seperti mengemis dan mengamen.

“Berdasarkan data yang dimiliki, ada 116 anak terlantar di Tala yang telah terdata, dan mereka sudah kita fasilitasi ke panti-panti di Banjarbaru, bahkan dititipkan ke keluarga yang dinilai mampu memberikan pendidikan yang layak untuk mereka,” kata Kepala Bidang RSPJS, H. Hasan usai menjadi narasumber program Talk Show di Radio Tuntung Pandang, baru tadi.

Jika arahan saat bimbingan tidak dilaksanakan, maka jajaran terkait akan menggelar razia di tempat mereka beroperasi. Kemudian akan didata dan dikembalikan ke tempat asal mereka, sehingga jika masih mengulangi maka akan ada peraturan hukum yang berlaku.

“Badut-badut dan pengemis memang ada yang mengoordinasikan, tidak mungkin mereka datang sendiri. Bahkan saat hari pasar (senin), mereka kadang datang difasilitasi menggunakan mobil,”katanya.

Ke depannya, Dinsos bersama jajaran terkait seperti Satpol PP maupun kepolisian, kata dia, akan memantau juga para koordinator pengemis dan anak jalanan ini. “Dengan menjaga ketertiban dan ketentraman di Tala, saya berharap pengamen dan pengemis menjadi berkurang,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bupati Tala SK CPNS

Pemkab Tanah Laut

Senangnya Ihsan, Satu dari Ratusan Penerima SK Pengangkatan CPNS dari Bupati Tala
Bus Sekolah

Pemkab Tanah Laut

Dua Bus Sekolah untuk Pelajar Tala Resmi Beroperasi
Bupati Tala Sukamta potong pita tanda diresmikannya RTP Pasar Lawas atau kawasan 0 Kilometer Pelaihari, Rabu (2/2). Foto-apahabar.com/Istimewa

Pemkab Tanah Laut

Resmikan RTP Pasar Lawas, Bupati Tala Impikan Wisata Kota Tua Pelaihari

Pemkab Tanah Laut

Pembangunan Sport Centre di Eks Lapangan Hasan Basri Tala, Pedagang Segera Ditertibkan
Kapal Nelayan Tabanio

Pemkab Tanah Laut

Nelayan Tabanio Terima Layanan Kemudahan Perizinan Kapal
Wabup Tala Abdi Rahman

Pemkab Tanah Laut

UMKM Tala Berpeluang Go Nasional
Pelantikan Pejabat Tala

Pemkab Tanah Laut

Tembang Chrisye ‘Ketika Tangan dan Kaki Berkata’ Iringi Pelantikan Pejabat Tala
Bibit ikan papuyu

Pemkab Tanah Laut

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com