Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Menjaga Populasi Bekantan Terbesar Kalsel di Desa Panjaratan

Populasi bekantan di Desa Panjaratan, Tala merupakan yang terbesar di Kalsel, hingga ditetapkan jadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).
- Apahabar.com     Sabtu, 16 April 2022 - 15:34 WITA

Menjaga Populasi Bekantan Terbesar Kalsel di Desa Panjaratan

Review rencana aksi Kawasan Ekosistem Esensial di Ruang Barakat Sekretariat Daerah Tala, Kamis (14/4). Foto-Ist

apahabar.com, PELAIHARI – Populasi bekantan di Desa Panjaratan, Tanah Laut (Tala) merupakan terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel). Karena itu desa tersebut ditetapkan jadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Dinas Kehutanan Kalsel Supiani mengatakan, jika di tempat lain orang hanya dapat melihat 1-2 koloni, maka di Panjartan bisa 6-7 koloni. Setiap koloni diperkirakan 15-20 ekor.

“Berarti sudah ada ratusan ekor bekantan di sini dan ini yang harus kita jaga, jangan sampai bekantan punah dan hilang dari peradaban,” kata dia saat mengikuti Review Rencana Aksi KEE di Ruang Barakat Sekretariat Daerah Tala, Kamis (14/4).

Supiani pun berharap melalui Forum Kolaborasi KEE mengajak masyarakat bersama-sama untuk melindungi kawasan tersebut dari kerusakan.

Sementara itu Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tala Akhmad Hairin menambahkan, potensi wisata Susur Sungai Bekantan Desa Panjaratan akan terus dikembangkan dengan kolaborasi berbagai pihak melalui Forum Kolaborasi KEE Tala.

Ketua Forum Kolaborasi KEE Tala ini juga berharap kedepannya kawasan ini bisa menjadi pemicu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kedepan diharapkan kawasan ini selain bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar juga dapat menjaga kelestarian satwa dilindungi yaitu Bekantan,” kata Hairin.

Selanjutnya Hairin berharap adanya partisipasi masyarakat sekitar KEE untuk andil dalam upaya pengembangan dan memajukan KEE tersebut.

“Kami mengharapkan partisipasi masyarakat pada KEE ini khususnya dalam menjaga keamanan kawasan tersebut, ini tentu menjadi perhatian agar para pengunjung merasa nyaman berwisata disana,” lanjut Hairin.

Turut berhadir seluruh anggota Forum Kolaborasi KEE Kabupaten Tala, dengan penyampaian realisasi kegiatan pembangunan dan kendala yang dihadapi dalam upaya pengembangan KEE Kabupaten Tala.

Bupati Tala: Sumber Daya Alam Tidak Bisa Terus Diandalkan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Wabup Tala Abdi Rahman

Pemkab Tanah Laut

UMKM Tala Berpeluang Go Nasional
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Warga Gunung Raja Manfaatkan MTP Sampaikan Aspirasi
Bibit ikan papuyu

Pemkab Tanah Laut

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu

Pemkab Tanah Laut

Hore! Tanah Laut Akan Sulap Lapangan Hasan Basri Jadi Sport Center Berkonsep RTH
BUMDesa Tala

Pemkab Tanah Laut

DPMD Dorong Peningkatan Kapasitas BUMDesa se-Tala

Pemkab Tanah Laut

Wabup Tala Resmikan Sekolah Siaga Kependudukan dan Pusat Informasi Konseling Remaja

Pemkab Tanah Laut

Pembangunan Sport Centre di Eks Lapangan Hasan Basri Tala, Pedagang Segera Ditertibkan
LPG Subsidi

Pemkab Tanah Laut

Bupati-Wakil Bupati Tala Hadiri Talk Show Penataan Distribusi LPG Subsidi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com