Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Jangan Abaikan Delapan Bagian Berikut

- Apahabar.com     Selasa, 26 April 2022 - 06:00 WITA

Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Jangan Abaikan Delapan Bagian Berikut

Kementerian Perhubungan memprediksi 40 juta lebih orang akan mudik menggunakan moda kendaraan pribadi. Foto: Bisnis

apahabar.com, BANJARMASIN – Selain ketahanan fisik, mudik juga menuntut performa kendaraan. Sebelum pulang kampung menggunakan mobil pribadi, sebaiknya cek lagi delapan bagian penting berikut.

Setelah dua tahun dilarang, mudik akan kembali menjadi tradisi lebaran 2022. Kementerian Perhubungan RI memprediksi mudik akan dilakukan 85,5 juta penduduk.

Diperkirakan 47 persen atau sekitar 40 juta lebih orang akan mudik menggunakan moda kendaraan pribadi. Sedangkan transportasi umum darat sebanyak 31 persen.

Situasi inilah yang membuat pemudik dengan kendaraan roda empat, mesti mempersiapkan semuanya dengan matang agar perjalanan mudik tetap lancar.

Mengutip keterangan resmi Auto2000, terdapat rekomendasi pengecekan yang menjadi bekal pemudik pengguna mobil pribadi.

Ban

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga wajib diperhatikan. Dipastikan telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

Ban yang sudah aus lebih baik diganti, karena akan dipengaruhi kondisi jalan. Ditambah mobil akan diisi muatan penuh yang membuat ban bekerja keras menopang beban.

Oli

Periksa kondisi semua oli, mulai dari oli mesin, oli transmisi, oli gardan dan oli power steering. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen, sehingga butuh penggantian berkala.

Seandainya kondisi oli sudah tidak layak pakai atau malah habis, sudah dipastikan mobil akan bermasalah dan menghambat perjalanan.

Filter

Periksa kondisi saringan atau filter mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar, termasuk filter kabin atau filter AC.

Peran filter tidak bisa dianggap sepele, karena berfungsi sebagai penyaring kotoran.

Dampak buruk filter oli, bahan bakar dan udara yang terkontaminasi kotoran dan tidak diganti, juga akan mengganggu kinerja mesin.

Sedangkan apabila filter kabin tidak diganti, dapat mengakibatkan AC mengembuskan udara kotor, hingga bahkan membuat saluran mampat.

Sok

Jangan lupa juga untuk mengecek sok. Selama perjalanan mudik, sektor ini cukup punya peran penting menjaga kenyamanan penghuni kabin.

Rem

Seiring beban mobil yang tidak ringan, kondisi rem harus diperiksa. Mulai dari mengecek kedalaman minyak rem, serta memastikan tidak terdapat endapan lumpur yang dapat menurunkan performa.

Juga harus dipastikan tidak terjadi kebocoran selang oli rem yang ditandai rembesan di sambungan atau lekukan.

Cek juga kondisi kampas rem sebagai bagian yang menanggung beban berat, ketika rem mobil beroperasi.

Lampu-lampu

Untuk perjalanan malam, fungsi lampu sangat dibutuhkan. periksa kondisi lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein.

Cek juga soket lampu dan segera ganti apabila mulai berkarat untuk menghindari lampu mati dalam perjalanan.

Bawa serta bola lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem belakang untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

Aki

Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga. Jangan sampai kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa hidup.

Cairan lain

Cairan pendukung lain yang tidak kalah penting untuk menunjang perjalanan adalah air radiator. Dengan fungsi menjaga temperatur mesin stabil, air radiator jangan sampai dibiarkan kosong.

Cairan lain adalah air washer yang membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Sekaligus periksa dan pastikan wiper dalam kondisi layak pakai.

Untuk pengguna mobil manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Terbaik Memberikan Pelayanan, Polres Tanah Laut Terima Presisi Award
apahabar.com

News

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pelindo Regional III Siapkan 20 Terminal Penumpang
Balikpapan

News

Jasad Lansia Mengapung di Kampung Baru Balikpapan, Diduga Pikun
hepatitis

News

Sebut Hepatitis Akut Misterius Tak Semenular Cacar, Begini Penjelasan Menkes

News

Jokowi Imbau Pejabat Negara hingga Swasta Tunaikan Zakat Melalui Baznas

News

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Enggano Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami
Ramadan

News

Hari Kedua Ramadan, Satpol PP Banjarmasin Temukan Warung Makan Buka Siang
Jembatan Maandal Tabalong

News

Oprit Jembatan Maandal Tabalong Ambrol, Rute Roda Empat Sementara Dialihkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com