Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Partai Mahasiswa Ternyata Perubahan dari Partai Kristen Indonesia 45

- Apahabar.com     Senin, 25 April 2022 - 13:03 WITA

Partai Mahasiswa Ternyata Perubahan dari Partai Kristen Indonesia 45

Ilustrasi, demo mahasiswa. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Partai Mahasiswa Indonesia merupakan perubahan dari Partai Kristen Indonesia 1945 atau yang kerap disebut Parkindo 45. Fakta tersebut diungkap Direktur Tata Negara Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Baroto.

Hal itu diketahui berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tertanggal 21 Januari 2022, Nomor M.HH-5.AH.11.01 Tahun 2022 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Kristen Indonesia 1945 menjadi Partai Mahasiswa Indonesia.

Menurut Baroto, perubahan partai mencakup keseluruhan mulai dari nama, logo, hingga struktur kepengurusan partai. “Termasuk AD/ART (berubah),” ujarnya, seperti dikutip apahabar.com dari tempo.co, Senin (25/4).

Baroto tak bisa menjelaskan lebih lanjut saat ditanya latar belakang dan alasan perubahan partai tersebut. Ia hanya menyebut bahwa partai tersebut telah memenuhi syarat sehingga mendapat pengesahan.

“Kemenkumham sebatas layanan formal administratifnya. Untuk internal partai, sesuai AD/ART partai,” tuturnya.

Partai Kristen Indonesia 1945 didirikan pada tahun 2000. Partai ini tak pernah lolos dalam verifikasi pemilu.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly telah menyerahkan data partai politik yang telah berbadan hukum kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam data tersebut terdapat nama Partai Mahasiswa Indonesia.

Dalam data tersebut, kepengurusan partai per 21 Januari 2022 tertera nama Eko Pratama sebagai Ketua Umum, Mohammad Al Hafiz sebagai Sekertaris Jenderal dan Muhammad Akmal Mauludin sebagai Bendahara Umum.

Ketua Mahkamah tertera bernama Teguh Setiawan, dan anggota mahkamah terdiri dari Davistha A. serta Rican. Partai ini memegang nomor Keputusan Menteri Hukum dan HAM M.HH-6.AH.11.01 Tahun 2022 pada 21 Januari 2022.

Partai itu berada pada urutan ke 69 dalam daftar partai politi Kemenkumham. Termuat juga lambang partai dan alamat di Jalan Duren Tiga Raya Nomor 19D Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan dengan kode pos 12760.

Meskipun menggunakan nama mahasiswa, para pengurus partai itu disebut tak aktif di gerakan Mahasiswa. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menyaatakan tak mengenal atau pun mengetahui nama pengurus Partai Mahasiswa Indonesia. Mereka juga disebut tak pernah tergabung dalam gerakan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI).

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi

News

Presiden Jokowi: Marhaban Ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Kalsel Rawan Bencana

News

Kalsel Rawan Bencana, Pemprov Klaim Sudah Lakukan Langkah Antisipatif

News

Adib Khumaidi Dikukuhkan Jadi Ketum PB IDI 2022-2025
Ade Armando

News

Profil Ade Armando, Dosen UI yang Dikeroyok-Dilucuti Massa Aksi 11 April
Tabalong

News

Kagumnya Bupati Tabalong Lihat Inovasi Sayur-Mayur Bhayangkari
Jembatan

News

Jembatan GOR Diperbaiki, Arus Jalan Brigjen H Hasan Basri Kotabaru Dialihkan
Ibu Kota Banjarmasin

News

Tahu Gak? Jumlah Warga Banjarmasin Menyusut Setelah Lebaran 2022

News

Ada Kabar Baik dari Kemenkes Soal Hepatitis Akut Misterius RI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com