Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia Keluh Kesah Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Pemkab Balangan Kembali Raih Predikat B untuk SAKIP 2021

Pemerintah Kabupaten Balangan kembali meraih predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2021 dari Kementerian
- Apahabar.com     Kamis, 7 April 2022 - 10:34 WITA

Pemkab Balangan Kembali Raih Predikat B untuk SAKIP 2021

Wabup Balangan, H Supiani saat hadiri penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi kepada provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia, Selasa (5/4). Foto: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan kembali meraih predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Bagian Organiasi Sekretariat Daerah Balangan, Ernawati menyampaikan hasil penilaian SAKIP dan RB pada 2021 mengalami kenaikan dari sisi nilai yakni pada 2020 66,04 persen naik menjadi 66,67 persen untuk SAKIP yang mana Balangan masih berada di level B, dan untuk RB naik 54,63 persen dibanding tahun 2020 53,80 persen.

“Untuk perencanaan ke depan karena kita RPJMD baru kemudian seluruh perangkat pendukungnya seperti dokumen cascading, cross-cutting dan pemenuhan dokumen RB, baik delapan areal perubahan maupun dipendataan reform itu harus kita tingkatkan,” ujar Erna, Selasa (5/4).

Terlebih ucapnya, ada beberapa nilai yang harus pihaknya dongkrak seperti indeks profesionalisme ASN, nilai SPBE Pemkab Balangan, penilaian Ombudsman terhadap pelayanan publik.

Kemudian lanjut dia, serta ada survei integritas yang dilakukan oleh KPK RI akan objeknya yaitu pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, karena itulah yang harus pihaknya perbaiki untuk di tahun depan.

“Insyaallah karena dokumen RPJMD baru, maka untuk tahapan-tahapan pengukuran kemudian evaluasi kinerja dapat lebih terkawal lagi,” ucap Erna.

Sementara Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widiyantini, mengatakan elemen yang tidak bisa dilepaskan dari reformasi birokrasi Presiden Joko Widodo yaitu menegaskan pentingnya transformasi untuk menemukan cara cepat dan tepat dalam menghadapi gejolak perubahan tantangan.

“Selain itu juga menghadapi berbagai peluang melalui inovasi-inovasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, untuk mewujudkannya membutuhkan komitmen yang nyata dan perbaikan berkesinambungan pada berbagai aspek tata kelola pemerintahan,” kata Rini dalam sambutannya saat penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi kepada provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Jelang Tutup Tahun, Bupati Balangan Minta Pegawainya Genjot Proyek Pembangunan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Karhutla di Balangan Dominan Semak Belukar dan Sawit
KONI Balangan

Pemkab Balangan

KONI Balangan Ditarget Masuk 10 Besar Porprov Kalsel
apahabar.com

Pemkab Balangan

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan Saat Kemarau
Pemkab Balangan

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan dan Dewan Setujui Hasil Evaluasi Gubernur Atas Raperda APBD Perubahan 2021
apahabar.com

Pemkab Balangan

Monitoring Tempat Ibadah, Ansharuddin Ingatkan Soal Laporan Pertanggungjawaban

Pemkab Balangan

Bertugas di Tengah Pandemi Covid-19, Honorer Balangan Tetap Semangat dan Selalu Terapkan Prokes
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Komitmen Sukseskan HUT Satpol PP ke-70
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com