Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Pemudik Balikpapan Melonjak, Dirut Pelni Turun Langsung

Pelni sendiri memprediksi pemudik tahun ini meningkat hingga 133 persen.
- Apahabar.com     Minggu, 24 April 2022 - 21:14 WITA

Pemudik Balikpapan Melonjak, Dirut Pelni Turun Langsung

Dirut Pelni terjun langsung memantau Pelabuhan Semayang. apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemudik mulai memadati Pelabuhan Semayang, Balikpapan sejak Sabtu malam hingga hari ini. Kepadatan tersebut diprediksi akan terus terjadi hingga puncak arus mudik 26 April nanti.

Kondisi ini rupanya menjadi perhatian Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani yang langsung memantau situasi arus mudik di Pelabuhan Semayang pada Minggu sore (24/4). Tri Andayani mengatakan kondisi ini memang cukup wajar lantaran tahun ini pemerintah memberi kelonggaran untuk mudik. Pelni sendiri memprediksi pemudik tahun ini meningkat hingga 133 persen.

“Ini meningkat 133 persen dari tahun sebelumnya. Tapi kondisinya belum sebanyak saat sebelum pandemi. Kami prediksi puncak arus itu terjadi di tanggal 26 April,” ujarnya usai melakukan pemantauan.

Pelni telah melakukan beragam persiapan dalam menghadapi lonjakan pemudik. Yakni menyiapkan 70 kapal yang akan berlabuh di ratusan pelabuhan seluruh Indonesia.

“Total seat yang disiapkan untuk Mudik Lebaran Tahun 2022 ini sebanyak 49.300 dalam satu kali keberangkatan,” sebutnya.

Jumlah penumpang di Balikpapan sendiri lebih dari 2.000 orang per hari. Baik transit maupun yang naik dari Balikpapan itu sendiri.

“Tapi sebenarnya ini bukan puncaknya, karena diperkirakan tanggal 26 nanti. Untuk arus balik, Pelni memprediksi akan terjadi pada 6 Mei nanti,” tuturnya.

Selain itu Pelni juga telah melakukan beberapa persiapan yakni ramp check kapal. berkoordinasi dengan Pertamina dan BPH Migas terkait ketersediaan bahan bakar, serta penerapan protokol kesehatan.

Mereka juga melakukan penyesuaian rute. Salah satunya di Balikpapan. Ada penyesuaian rute dari satu kapal Balikpapan ke Surabaya. Karena penumpang dari Surabaya sangat banyak.

“Dan kemudahan beli tiket bisa juga diakses secara otomatis atau mandiri. Lalu posko monitoring yang kita lakukan bersama Kementerian Perhubungan dan instansi terkait. Kemudian kami juga melakukan monitoring dengan otoritas pelabuhan,” jelasnya.

Ditanya soal tambahan kunjungan kapal dalam menghadapi lonjakan penumpang, Tri bilang Pelni telah menambah satu kunjungan kapal untuk mengakomodir para penumpang.

“Secara reguler di Balikpapan ada tiga kapal, Labobar, Lambelu dan Bukit Siguntang. Kalau Labobar ke Surabaya, kedua Bukit Siguntang ke Kupang dan Nunukan, dan yang hari ini Lambelu ke Larantuka dan ke Nunukan. Ada satu tambahan yang di re-rute, semula Umsini dia deviasi ke Balikpapan untuk membantu yang ke Surabaya tapi nanti tanggal 28 April,” tandasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Migor Tabalong

News

Mendag Pastikan Harga Minyak Goreng dan Gula Normal saat Ramadan
Ganjar Pranomo

News

Mau Ketemu Presiden di Balikpapan, Ganjar Pranowo ‘Diculik’ ke Mangrove Graha Indah
Yayasan Haji Maming

News

Yayasan H Maming Siap Fasilitasi Program Dai Mahasiswa INAIFAS di Tanah Bumbu

News

H-2 Lebaran, Penumpang Feri Batulicin-Kotabaru Naik Drastis
Perjalanan Domestik

News

HORE! Perjalanan Domestik Transportasi Udara, Laut dan Darat Tak Perlu Antigen-PCR
Abidin kalsel

News

Kala Legislator hingga Senator Kenang Dedikasi H Abidin
Rekonstruksi

News

Detik-detik Pembunuhan di Parandakan Tapin Direkonstruksi
Suku Bunga AS

News

Sinyal Kenaikan Suku Bunga AS Makin Kencang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com