Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Pendaftaran Pilkades Kabupaten HSS Diperpanjang di 8 Desa

- Apahabar.com     Kamis, 7 April 2022 - 22:27 WITA

Pendaftaran Pilkades Kabupaten HSS Diperpanjang di 8 Desa

Kepala Dinas PMD HSS, Susilo Adianto menjelaskan pelaksanaan Pilkades. Foto-Prokopim HSS.

apahabar.com, KANDANGAN – Pendaftaran bakal calon pemilihan kepala desa (Pilkades) bagi 129 Kades di Hulu Sungai Selatan (HSS) selama sembilan hari ditutup Kamis (7/4) pukul 23.59 Wita.

Berdasarkan rekap sementara hingga pukul 16.00 Wita, untuk 8 desa pendaftaran diperpanjang selama 20 hari dari tanggal 8 April sampai dengan 10 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) HSS, Susilo Adianto menyampaikan bahwa diperkirakan delapan desa yang diperpanjang lantaran jumlah bakal calon yang mendaftar kurang dari dua orang.

Rinciannya yaitu Desa Muning Baru, Tibung Raya, Halunuk, Kamawakan, Karang Jawa, Panjampang, Asam dan Tamiyang.

“Jika sampai pukul 23.59 Wita tidak bertambah, maka akan diperpanjang,” kata Susilo kepada awak media.

Bagi bakal calon yang mendaftar minimal sudah dua orang maka pendaftaran ditutup, dilanjutkan tahapan berikutnya di antaranya penelitian kelengkapan persyaratan administrasi, klarifikasi, serta penetapan dan pengumuman nama calon.

Jika calon belum lengkap berkasnya tidak diberikan batasan waktu melengkapi, maka seandainya calon awal cuma dua orang dengan kondisi satu calon lengkap, satu calon belum lengkap dan sampai dengan batas akhir tidak juga bisa melengkapi maka pemilihan akan ditunda karena tidak memenuhi syarat minimal dua calon.

Batasan waktu melengkapi berkas harus 10 hari pertama dalam 20 hari tahapan penelitian kelengkapan persyaratan administrasi dan klarifikasi, maka jika tetap tidak lengkap calon akan digugurkan, dan selanjutnya dibuka pendaftaran baru selama tujuh hari yaitu dari 25 April sampai 5 Mei mendatang.

Misalkan calon awal tiga orang dan yang bisa melengkapi sampai batas waktu 10 hari pertama dua orang, maka pendaftaran tetap ditutup dan tidak diperpanjang.

Selanjutnya, tiga hari terakhir dalam 20 hari tahapan penelitian kelengkapan persyaratan administrasi dan klarifikasi digunakan untuk mengumumkan nama calon yang lulus pemberkasan sebelum ditetapkan.

Susilo Adianto menyampaikan bahwa menjelang berakhirnya masa pendaftaran diperkirakan pelamar terus bertambah seperti Pilkades sebelumnya. “Apalagi masih banyak calon bakal Kades sedang melengkapi berkas pendaftaran,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPC PDI Perjuangan Tanah Laut

Hot Borneo

Momentum Kebangkitan Nasional, DPC PDI Perjuangan Tanah Laut Gelar Senam Sicita
Lomba Desain Jembatan

Hot Borneo

Selamat! Mahasiswa Asal Kotabaru Kalsel Juara Lomba Desain Jembatan di Singapura

Hot Borneo

Anjing Liar Gigit Empat Warga Tabalong, Polisi Langsung Berburu!
Sapi

Hot Borneo

Penyebaran PMK & Pengetatan Masuk Ternak Luar Daerah, Harga Sapi di Tapin Melonjak

Hot Borneo

Minyak Goreng Mahal Merata di Kotabaru, dari Perkotaan sampai Perdesaan

Hot Borneo

Dua Kali Vonis Bebas, Pelaku Kasus Ujaran Kebencian di Kotabaru Kalsel Kembali Ditahan

Hot Borneo

Polisi Ungkap Kronologi Penemuan Mayat Karyawan Perusahaan di Tamban Kecil Batola
kasus curanmor

Hot Borneo

Polres Balangan Amankan 5 Tersangka Curanmor, Penipuan, dan Penggelapan.
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com