Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama Tim Iptu Widodo Bergerak ke Luar Amuntai, Duo Pengeroyok Bripda Akmal Diminta Serahkan Diri!

PT PLN UIP Kalbagtim Teruskan Pembangunan Gardu Induk di Kotabaru

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus mengejar target penyelesaian proyek strategis nasional
- Apahabar.com     Jumat, 15 April 2022 - 17:02 WITA

PT PLN UIP Kalbagtim Teruskan Pembangunan Gardu Induk di Kotabaru

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus mengejar target penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) pembangunan Gardu Induk Tarjun yang berada di Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus mengejar target penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) pembangunan Gardu Induk Tarjun yang berada di Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru.

Hal ini sesuai dengan upaya PLN dalam rangka meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wilayah Kalimantan, khususnya menjelang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang sudah ditetapkan di sebagian wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Kemunikasi PT PLN UIP Kalbagtim, Basuki Rahman, menjelaskan pihaknya terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak terkait di daerah dalam rangka mendukung kelancaran pembangunan Gardu Induk Tarjun di Kotabaru.

“Kita terus melanjutkan pembangunan gardu Induk Tarjun di Kabupaten Kotabaru. Koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak terkait untuk ikut mendukung kelancaran pembangunan ini, khususnya menjelang ekspos di Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan untuk proses konsinyasi pembebasan lahan,” ungkap Basuki.

Selain itu, PT PLN juga terus melakukan komunikasi dengan masyarakat pemilik lahan di Desa Langadai dengan harapan permasalahan dalam terkait pembebasan lahan untuk program pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Kita juga berkomunikasi dengan masyarakat pemilik lahan dan masih memberi kesempatan bagi yang ingin menyelesaikan permasalahan pembebasan lahan ini secara bersama-sama sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terang Basuki.

Basuki menambahkan, ada sekitar +/- 2 Ha lahan yang masih ada tumpang tindih terhadap kepemilikan lahan, di mana adanya klaim dari masyarakat akan kepemilikan lahan tersebut.

“Kita harapkan penyelesaian masalah tumpang tindih kepemilikan dapat diselesaikan para pihak secara musyawarah, namun bila belum mencapai kesepakatan sesuai ketentuan akan di konsinyasi di Pengadilan Negeri Kotabaru,” tambah Basuki.

Rencananya, ekspos terkait proses konsinyasi pembebasan lahan untuk pembangunan Gardu Induk Tarjun akan dilaksanakan pada 20 April 2022 di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Proses ini telah sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.(*)

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Gardu Induk Kotabaru

PLN UIP Kalbagtim

PT PLN UIP Kalbagtim Tetap Fokus Bangun Gardu Induk di Kotabaru
Atlet paralympic Kalsel

PLN UIP Kalbagtim

Berjaya di Papua, Atlet Paralympic Kalsel Disuntik PLN Rp50 Juta Beli Kursi Roda-Kaki Palsu
PLN

PLN UIP Kalbagtim

PLN Siapkan Listrik Hijau untuk Industri EV yang Kembangkan Pabrik di Indonesia
co-firing PLTU tekan emisi

PLN UIP Kalbagtim

Tekan Emisi Lewat Co-Firing, PLN Hasilkan Listrik Hijau 96 Ribu MWh dari 28 PLTU
Parade motor listrik

PLN UIP Kalbagtim

Meriahkan Sidang Transisi Energi G20, KESDM dan PLN Gelar Parade Motor Listrik
PLN UIP Kabagtim

PLN UIP Kalbagtim

Melalui Sertifikasi, PLN UIP Kalbagtim Lanjutkan Pengamanan Aset
Penyaluran bantuan YBM PLN

PLN UIP Kalbagtim

Ramadhan Penuh Arti, YBM PLN UIP Kalbagtim Salurkan Bingkisan ke 400 Mustahik

PLN UIP Kalbagtim

PLN UIP Kalbagtim Lanjutkan Pembayaran Kompensasi Lahan Pembangunan Tapak Tower SUTT di Pulau Sebuku
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com