Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Ratusan Kades di Kotabaru Dilatih Pengelolaan Keuangan Desa

- Apahabar.com     Selasa, 26 April 2022 - 15:54 WITA

Ratusan Kades di Kotabaru Dilatih Pengelolaan Keuangan Desa

Para Kades di Kotabaru antusias mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa. Foto-Istimewa.

apahabar.com, KOTABARU – Para kepala desa (Kades) di Kotabaru, Kalsel, antusias mengikuti pelatihan atau workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa 2022 di Gedung Paris Barantai, Selasa (26/4).

Pelatihan para Kades ini resmi dibuka Sekda Kotabaru, Said Akhmad. Dia mengatakan desa diberikan kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di desa.

Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa telah disahkan. Desa diberikan kesempatan yang besar mengurus tata pemerintahannya sendiri, serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Pemerintah desa juga dapat lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki. Termasuk, di dalamnya soal pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa.

Sekda berharap agar semua peserta pelatihan dapat menyerap materi yang akan disampaikan oleh narasumber. Sehingga, ke depan mengelola keuangan dengan baik, tertib, transparan, dan akuntabel.

“Nah, lewat pelaksanaan workshop evaluasi pengelolaan keuangan, dan pembangunan desa ini, diharapkan dapat memberikan gambaran sejauh mana pelaksanaan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa di Kotabaru,” ujar Said.

Selain itu, Sekda menambahkan, workshop sebagai bahan perbaikan ke depan bagi pemerintah daerah. Khususnya, SKPD terkait dalam melakukan pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, dan bagi pemerintah desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan.

“Intinya, tujuan dari workshop ini untuk pembinaan dan pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintahan desa di Kotabaru agar lebih tertib, transparan, akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa,” tandasnya.

Sementara, workshop turut dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Rudy M Harahap, Anggota Komite IV DPD RI Gusti Farid Hasan Aman, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah.

Workshop sendiri mengambil tema pengelolaan dana desa yang cepat, tepat, dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak Covid-19.

Sebagai narasumber dalam workshop ini ialah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel Rudy M Harahap.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Operasi Keselamatan Intan 2022

Hot Borneo

Operasi Keselamatan Intan 2022 di HST: Sinyal Larangan Mudik, Kerumunan hingga Knalpot Brong
Taboneo

Hot Borneo

Lagi! Dozer-Operator Nyemplung ke Laut Taboneo Kalsel, Basarnas Gercep
banjir Tapin

Hot Borneo

Update Banjir Tapin: Lebih Seribu Jiwa Terdampak

Hot Borneo

Uniska Banjarmasin PTM Lagi, Mahasiswa ‘Angkatan Corona’ Akhirnya Bersua

Hot Borneo

Teman Sepermainan Jadi Seteru, Berujung Damai Setelah Kejari Banjarmasin Keluarkan Restoratif Justice
Skuter listrik kotabaru

Hot Borneo

Catat, Polisi Minta Skuter Listrik Tak Beroperasi di Jalan Umum Kotabaru

Hot Borneo

Buru Pelaku Pembunuhan di Pangelak Tabalong, Polisi Temukan Benda Mengejutkan

Hot Borneo

Waspada! Angka Stunting di Banjarmasin Masih Tinggi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com