Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Ratusan Personel Gabungan Razia Hunian Lapas Narkotika Karang Intan, Ini Hasilnya

- Apahabar.com     Rabu, 20 April 2022 - 22:19 WITA

Ratusan Personel Gabungan Razia Hunian Lapas Narkotika Karang Intan, Ini Hasilnya

Kepala Kanwil Kemenkumham dan jajaran pamerkan hasil razia gabungan di Lapas Narkotika Karang Intan, Kabupaten Banjar, Selasa (19/4). Foto-apahabar.com/hendralianor.

apahabar.com, MARTAPURA – Sejumlah barang yang dilarang masuk dalam hunian Lapas Narkotika Karang Intan, Kabupaten Banjar, berhasil diamankan oleh petugas gabungan, Selasa (19/4) malam.

Kegiatan razia bersama ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, dengan melibatkankan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalsel, BNN Kota Banjarbaru, Polres Banjar, Polsek dan Koramil Karang Intan, serta Yonif 623 BWU.

Termasuk petugas Lapas Narkotika Karang Intan, Lapas Banjarmasin, Bapas Banjarmasin, Rubasan Banjarmasin, LPKA Martapura, Lapas Banjarbaru, Rutan Marabahan dan Rutan Pelaihari ikut serta dalam razia.

Dalam giat bersih-bersih itu, juga dilakukan tes urine bagi warga binaan dan petugas Lapas. Sebelum ratusan aparat gabungan menyisir seluruh blog hunian, mereka terlebih dulu apel persiapan, baru sekitar pukul 22.00 mereka bergerak melakukan penyisiran.

Sekira satu jam lebih penggeledahan, petugas gabungan berhasil menyita sejumlah barang, seperti senjata tajam olahan seperti pisau dapur, cangkul, termasuk beberapa handphone selundupan, kabel listrik, paku, sendok stainles, korek mancis, hingga alat cukur kumis.

Barang sitaan tersebut langsung dimusnahkan, seperti handphone dirusak dengan cara dipukul dengan palu.

“Hasilnya seperti dilihat, tidak ada ditemukan narkoba pada giat kali ini,” ujar Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi.

“Alhamdulillah tes urin hasilnya negatif semua,” sambun Lilik.

Menurutnya, barang-barang yang disita dapat berbahaya bagi pengguna dan demi menjaga keamanan dan ketertiban dalam lapas.

“Ke depan, kami ingin penjagaan masuk barang lebih diperketat lagi,  juga apabila ada oknum ikut berbuat kami tidak segan menindaknya,” tegas Lilik.

Sementara dari BNN Kalsel mengapresiasi kegiatan bersih-bersih ini, karena ada kemajuan dari pengamanan dalam lapas, di mana hasil barang sitaan jumlahnya berkurang dari sebelumnya.

Sedangkan, Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo dalam menuturkan, kegiatan ini masih dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022.

“Giat ini sebagai bentuk deteksi dini yang kita lakukan, mencegah terjadinya gangguan kamtib dengan sasaran memberantas peredaran barang-barang yang sebenarnya dilarang berada di lingkungan Lapas,” kata Wahyu.

Sehingga, tambahnya lagi, terjaga kebersihan lingkungan dan tercipta situasi yang aman dan tertib. “Sesuai dengan tiga kunci emasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan kamtib, berantas narkoba, sinergi dengan aparat penegak hukum dan back to basic,” ungkapnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

PNS Dapat THR, Ribuan Guru Honorer Kalsel Gigit Jari
apahabar.com

Tak Berkategori

Tanggapan Bupati Soal Penggerebekan Tempat Produksi Sabu di Batola
Arbani Yasiz

Tak Berkategori

Sempat Cari Donor Konvalesen, Ayah Arbani Yasiz Meninggal Dunia
Varian Omicron

Tak Berkategori

Gegara 2 Kasus Varian Omicron, Jenewa Karantina 2.000 Orang

Tak Berkategori

Lebaran, Jukir di Banjarmasin Nekat Gorok Leher Sendiri
apahabar.com

Tak Berkategori

Perencanaan Matang dan Percepatan Realisasi APBD Jadi Kunci
apahabar.com

Tak Berkategori

Perlakuan Kompol Ukkas Kepada Para Tahanan Kriminal
Younky Soewarno

Tak Berkategori

Kabar Duka, Musisi Senior Younky Soewarno Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com