Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Resmikan Ponpes Kaligrafi ZLK 2, Bupati Minta Karya Santri Dimasukkan Galeri

- Apahabar.com     Kamis, 21 April 2022 - 07:27 WITA

Resmikan Ponpes Kaligrafi ZLK 2, Bupati Minta Karya Santri Dimasukkan Galeri

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menunjukkan hasil karya seni kaligrafi santri di Ponpes ZLK 2. Foto-Istimewa.

apahabar.com, TANJUNG – Pondok Pesantren (Ponpes) Kaligrafi Zainun Lilkhottothin (ZLK) 2 telah berdiri di Kabupaten Tabalong, tepatnya di Desa Pematang Kecamatan Banua Lawas.

Pemkab Tabalong sendiri akan mendukung pondok pesantren tersebut, sehingga betul-betul dapat dikembangkan lebih baik lagi.

“Inisiatif untuk mendirikan pondok pesantren ini sejalan dengan kelebihan orang Banua Lawas selalu meraih juara 1 di bidang kaligrafi pada pelaksanaan MTQ ataupun STQ,” kata Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat meresmikan pembangunan ponpes tersebut, Rabu (20/4).

“Peserta dari Banua Lawas bukan hanya juara di bidang kaligrafi tetapi juga selalu menjadi juara umum, apalagi nanti bulan Juli akan dilaksanakan MTQ Nasional ke-47 tingkat kabupaten di sini,” sambungnya.

Selain mengucapkan terima kasih, Bupati Anang, juga mengapresiasi inisiatif tersebut, karena 3 tahun yang lalu saat dirinya ke desa tersebut telah mendengar rencana pendirian pesantren ini.

“Hari ini saya menyaksikan langsung, hal ini sangat luar biasa, hanya saja tinggal bagaimana hasil dari karya santri dan santriwati ini nanti kita bentuk dalam sebuah galeri sehingga nilai pendidikannya dapat, nilai pahalanya dapat tapi nilai seninya juga harus dapat,” pintanya.

Menurut Anang, kalau nilai seninya dapat biasanya nilai ekonomisnya tinggi. Jadi ini betul-betul menjanjikan seni kaligrafi ini.

“Tentu karena posisinya di sini anak-anak dari kabupaten lain juga akan datang ke sini, apalagi di Kalimantan satu-satunya pesantren ini, tetapi kita tetap memprioritaskan orang Banua Lawas, karena tujuan utama pendirian pesantren ini untuk putra putri Tabalong dulu,” bebernya.

Selain meresmikan Pondok Pesantren ZLK 2, pada kesempatan itu juga Bupati Tabalong melaunching MTQ ke-47 tingkat kabupaten.

“Saya berharap agar panitia bisa menyiapkannya dengan sebaik-baiknya, satu tahun yang lalu MTQ dilaksanakan di kecamatan Tanta sangat ketat di karenakan sesuai dengan perkembangan Covid-19, akan tetapi di Banua Lawas kita buka krannya sedikit tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan, kita ingin buktikan bahwa Banua Lawas juga mampu,” kata Bupati Anang.

Anang juga menitip kepada mualim dan ustaz di Ponpes ZLK 2 kaitannya dengan vaksin. Di mana cakupan vaksinasi di Banua Lawas hingga saat ini dosis satu 83 persen dan dosis duanya masih rendah yaitu 43,7 persen.

“Untuk itu saya pinta Camat, Kapolsek dan Danramil, paling lambat 29 April telah mencapai 70 persen, karena seminggu lagi orang dari luar datang, jangan sampai kita menjadi fitnah karena yang datang sudah booster semua,” ingatnya.

“Saya minta tolong sekali kepada para alim ulama, tokoh agama termasuk kepada pengasuh ponpes ini agar seminggu ke depan kita ada perubahan, ditargetkan tanggal 28 April Tabalong minimal dosis keduanya mencapai 70 persen,” pungkasnya.

Hadir pada peresmian ponpes tersebut, Forkopimda Tabalong, sejumlah kepala SKPD, Camat Banua Lawas H Fariduddin, Danramil dan Kapolsek serta para Kades se-Banua Lawas.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tabalong

Pemkab Tabalong

Dewan Warning RS H Badarudin Kasim, “Jangan Ada Asumsi Warga Selalu Kena Covid-19”
percepatan vaksinasi

Pemkab Tabalong

Bupati Tabalong Minta KNPI Turut Mendukung Percepatan Vaksinasi
apahabar.com

Pemkab Tabalong

Tahun Ini Pemkab Tabalong Bangun Pasar Agribisnis Kembang Kuning

Pemkab Tabalong

Vaksinasi Covid-19 di Tabalong Berlanjut, Sisa Sinovac Hanya 10 Vial
Bupati Tabalong

Pemkab Tabalong

Bupati Tabalong Ingatkan Prokes Pelaksanaan Kurban

Pemkab Tabalong

Rawan Kecelakaan, Dinas PUPR Tabalong Tutup Permanen U-Turn di Simpang BNI Mabuun
Bupati Tabalong

Pemkab Tabalong

Bupati Tabalong Beberkan Cara Jitu Penanganan Covid-19 di Depan Pj Gubernur Kalsel
PAMA

Pemkab Tabalong

Satgas Covid-19 Tabalong Terima Bantuan Ribuan Masker dari PAMA
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com