Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Siaga Jelang Lebaran 2022, Basarnas Banjarmasin Siagakan Puluhan Personel

Dalam rangka siaga angkutan lebaran, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menggelar apel siaga SAR khusus lebaran
- Apahabar.com     Selasa, 26 April 2022 - 07:00 WITA

Siaga Jelang Lebaran 2022, Basarnas Banjarmasin Siagakan Puluhan Personel

Apel siaga SAR khusus lebaran 2022 di lapangan Avignam Kanto. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Dalam rangka siaga angkutan lebaran, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menggelar apel siaga SAR khusus lebaran 2022 di lapangan Avignam Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Senin (25/4).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad mengatakan, dalam apel tersebut, pengecekan personel yang turut dalam siaga lebaran serta kendaraan yang akan digunakan di lapangan tak luput dari perhatian.

“Mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga, sehingga perlu diantisipasi,” papar Al Amrad.

Untuk itu lanjutnya, Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional.

“Petugas siaga SAR khusus juga harus selalu menjalin kerja sama yang baik dengan Kementrian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, Pemda, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan serta instansi lain,” jelasnya.

Basarnas menyiagakan 90 personel selama pelaksanaan siaga SAR khusus lebaran.  Semuanya tersebar di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Pos SAR Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong dan Unit Siaga SAR Batulicin.

Sementara sarana dan prasarana yang disiapkan di antaranya Kapal KN SAR Laksmana berukuran 40 meter, Rescue Boat (RB 207) berukuran 36 meter, Rescue Boat (RB 306) berukuran 28 meter, rigit iflatable boat, rubber boat, rescue truck, truk personel, serta peralatan SAR pendukung lain.

Sebagai informasi, siaga SAR khusus Lebaran ini akan dilaksanakan selama 21 hari mulai 22 April sampai 12 Mei 2022. Sedangkan puncak arus mudik diperkirakan terjadi 28 April dan 7 hingga 8 Mei 2022.

“Dengan kemampuan yang ada, kami akan terus berusaha bekerja secara maksimal dalam memberikan layanan jasa SAR bagi masyarakat, agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di setiap waktu dan tempat,” ucapnya.

Untuk diketahui dalam kesempatan ini juga, Basarnas mengimbau kepada mayarakat yang akan melaksanakan perjalanan dan aktifitas lainnya, untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan dir.

Sebab, melihat beberapa waktu ini kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Selatan cenderung tidak menentu.

“Karena keselamatan bukanlah sesuatu hal yang kebetulan,” tutup Al Amrad.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kotabaru

Hot Borneo

Api Berkobar di Rampa Lama Kotabaru, Satu Rumah Sewaan Hangus!
Terseret Arus Kukar

Hot Borneo

Tolong Korban Tenggelam, Remaja di Kukar Malah Hilang Terseret Arus
hipmi

Hot Borneo

HIPMI dan Ketua DPRD Tanbu Kembali Salurkan Minyak Goreng Curah untuk Warga

Hot Borneo

Triwulan Pertama 2022, Banyak Orang Depresi di Tabalong, Kenali Ragam Faktornya

Hot Borneo

Geramnya Senator Kalsel: Ungkap Dalang Upaya Kriminalisasi Bendahara NU Mardani H Maming!

Hot Borneo

Jelang Ramadan di Marabahan Batola, Harga Minyak Goreng dan Cabai Melesat
Kilang Minyak Balikpapan

Hot Borneo

Olah TKP, Mabes Polri Selisik Biang Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan
Mardani H Maming

Hot Borneo

Lawan Buzzer, Tagar ‘Ansor Bersama Mardani’ Bergema di Twitter
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com