Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Siap-Siap! THR PNS Cair H-10 Lebaran, Gaji ke-13 Juli

Pemerintah menetapkan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dimulai H-10
- Apahabar.com     Sabtu, 16 April 2022 - 17:20 WITA

Siap-Siap! THR PNS Cair H-10 Lebaran, Gaji ke-13 Juli

Ilustrasi PNS. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menetapkan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dimulai H-10 lebaran hari raya Idulfitri 1443 H/2022 M.

Sementara untuk Gaji ke-13 bagi PNS atau ASN akan diberikan pada Juli 2022.

Pemberian THR dan Gaji ke-13 ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan seperti pada tahun sebelumnya, pencairan THR dimulai pada H-10 dari Idulfitri.

Dalam hal ini kementerian/lembaga akan mengajukan ke KPPN mulai Senin (18/4) dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai mekanisme yang berlaku.

Adapun pemberian Gaji ke-13 dilakukan menjelang tahun ajaran baru sekolah untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi putra/putri dari ASN, seperti seragam sekolah dan sebagainya.

Ia mengungkapkan pemberian THR dan Gaji ke-13 ini merupakan wujud penghargaan pemerintah atas kontribusi ASN dan juga pensiunan di mana dalam dua tahun telah menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai pelayanan masyarakat dan upaya untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Kebijakan ini diharapkan akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menambah daya beli masyarakat,” tuturnya dilansir CNBC Indonesia, Sabtu (16/4).

Sri Mulyani pun menyebut besaran THR pada 2022 ini akan lebih besar dibandingkan 2021.

“Untuk THR dan Gaji ke-13 tahun 2022 ini dilakukan penyesuaian besaran, yaitu diberikan sebesar gaji dan pensiunan pokok plus tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum. Dan untuk tahun ini kita tambahkan 50% dari tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja, jadi lebih besar dari 2021,” paparnya.

Ia mengatakan karena THR dan Gaji ke-13 diberikan kepada ASN di pemerintah pusat dan daerah, maka untuk instansi Pemda yang mengelola ASN daerah paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah masing-masing yang diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Jadi kalau untuk pemerintah pusat tunjangan kinerja ditambahkan THR dan gaji ke-13, untuk instansi daerah paling banyak 50% tambahan penghasilan,” ujar Sri Mulyani.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Mudik

News

Menhub Sebut Pelaksanaan Mudik Tahun Ini Berjalan Baik
PDIP

News

Megawati Tantang GMNI Jadi Ujung Tombak RI: Jangan Ngomong Doang

News

Migor Curah Mulai Didistribusikan di Tabalong, Catat Syarat & Ketentuannya
Warga yang terkena dampak Topan Idai berjalan di tanah banjir di distrik Buzi di luar Beira, Mozambik, 21 Maret 2019. Foto-Antara

News

Ngeri! Badai Ana Terjang Mozambik, Rusak 546 Rumah, 2 Orang Tewas
Covid-19

News

Kasus Covid-19 HST Melonjak Sejak Pebruari 2022
vaksinasi tabalong

News

Tuntas Sehari, Ribuan Vaksin AstraZeneca Hampir Kadaluarsa Tabalong Ludes Disuntikkan
THR

News

Asyik! Kemnaker Pastikan Surat Edaran THR Terbit Minggu Depan

News

Jemaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa Ramadan Besok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com