Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Teman Sepermainan Jadi Seteru, Berujung Damai Setelah Kejari Banjarmasin Keluarkan Restoratif Justice

- Apahabar.com     Kamis, 21 April 2022 - 19:50 WITA

Teman Sepermainan Jadi Seteru, Berujung Damai Setelah Kejari Banjarmasin Keluarkan Restoratif Justice

Foto: Fahrizal menjabat tangan Kasi Pidum Kejari Banjarmasin, Roy Modino usai dinyatakan perkara penganiayaan yang ia lakukan dihentikan/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Ahmad Fahrizal memeluk erat Abdul Khair. Permohonan maaf dia sampaikan setelah menganiaya tetangga sekaligus teman sepermainannya sejak kecil.

Fahrizal sempat dipenjara kurang lebih dua bulan di Polsek Banjarmasin Selatan. Ia tersandung kasus penganiayaan. Dijerat pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman di bawah lima tahun.

Kasus penganiayaan itu terjadi di Jalan Tatah Bangkal Luar, Banjarmasin Selatan pada 14 Februari silam. Saat mereka bersama beberapa teman lainnya pesta minuman keras.

Perkelahian dipantik hanya karena perkara sepele. Fahrizal tersinggung ketika Khair membuang minum keras yang mereka minum bersama.

Saat itu, Fahrizal naik pitam. Sejurus kemudian, kerah baju Khair dicekik, lalu bogam mentahan dilayangkan, hingga bibir Khair pecah.

Khair tak terima atas tindakan Fahrizal. Lukanya pun divisum. Khair kemudian membuat laporan polisi atas tindakan yang dilakukan kawannya itu hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Beberapa hari berselang, Khair menyesal sudah melaporkan Fahrizal. Kawan sepermainannya itu kini ditangkap polisi.

Khair pun sempat berkeinginan mencabut laporannya. Namun sayang kasusnya sudah tahap penyidikan polisi.

Beruntungnya, melalui Restoratif Justice (RJ) Kejaksaan nasib Farizal dapat tertolong dari dinginnya jeruji besi. Pengajuan RJ kasus Fahrizal oleh Kejaksaan Negeri Banjarmasin diterima Kejaksaan Agung.

Tepat hari ini, Kamis (21/4), Fahrizal dapat akhirnya kembali menghirup udara segar. Rompi tahanan merah kejaksaan dilepas.

“Alhamdulillah dan terima kasih saya diberi kesempatan. Saya berjanji tak akan mengulangi lagi. Saya menyesal,” ujarnya usai pelaksanaan RJ di Kejari Banjarmasin.

Kasi Pidana Umum, Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Roy Modino, mengatakan pengajuan RJ terhadap kasus Fahrizal diterima Kejagung karena memang telah memenuhi kriteria.

“Berkelahi di bawah pengaruh alkohol. Kedua belah pihak sudah damai dan saling memaafkan beserta pihak keluarga dan diketahui tokoh masyarakat dan Ketua RT 034. Kelayan Timur,” ujar Modino didampingi Jaksa Penuntut Umum, Dwi Wulandari.

Selain itu, RJ dapat dilakukan karena ancaman hukuman di bawah lima tahun penjara. Kemudian Farizal bukan residivis, serta ada kesepakatan perdamaian antara kedua belah pihak.

Namun yang perlu dicatat, pemberian RJ tersebut bisa saja sewaktu-waktu dicabut manakala Fahrizal kembali melakukan tindakan kriminal.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi pembelajaran bagi kedua belah pihak. Khusus pelaku untuk selalu mentaati peraturan hukum yang berlaku,” bebe Modino.

Selain itu, dengan RJ yang sudah dilakukan Kejari Banjarmasin kali ini, maka sudah sekitar tujuh perkara yang diselesaikan melalui RJ.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sungai Kapuas

Hot Borneo

Duh, Sungai di Jalan Panglima Batur Kapuas Ini Dipenuhi Sampah
Pasar Wadai Ramadan Banjarbaru

Hot Borneo

Pasar Wadai Ramadan di Banjarbaru Dipastikan Digelar, Lapangan Murjani Jadi Opsi Lokasi Terkuat
Cuaca

Hot Borneo

Siang Hari Idulfitri, Hampir Seluruh Wilayah Kalsel Berpotensi Hujan 
Solar Subsidi Langka

Hot Borneo

Sekda Kalsel Janji Tindaklanjuti Aspirasi Sopir Truk Saat Demo di Banjarmasin
gustafa yandi

Hot Borneo

Gustafa Yandi Pejabat Pemprov Kalsel Usai Nonjob Angkat Bicara
wahid

Hot Borneo

Maliki Blak-blakan Soal Alasan Tak Beri Maaf ke Wahid

Hot Borneo

Asyik Tunggu Pembeli, Pengedar Sabu di Perumahan HST Diciduk John Lee Cs
Habar Populer

Hot Borneo

Habar Populer: Suami ‘Ratu’ Arisan Banjarmasin, Aplikasi Hacker Amuntai, hingga Main Serong Polisi Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com