Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia Keluh Kesah Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO 4 Universitas Walk Out, Munas BEM SI di Kalsel Pilih Koordinator Baru Bukan Laka Tunggal! Penyebab Pikap Tabrak Pohon Berujung Maut di Gambut Krisis Air Bersih di Kota Sungai, Ombudsman Panggil PDAM Bandarmasih

Terungkap! Ini Biang Kerok yang Bikin Harga Pertamax RI Naik

- Apahabar.com     Jumat, 15 April 2022 - 10:36 WITA

Terungkap! Ini Biang Kerok yang Bikin Harga Pertamax RI Naik

Warga Kalsel siap hijrah dari Pertamax ke Pertalite. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Harga Pertamax di Indonesia telah resmi naik sejak 1 April 2022 lalu. PT Pertamina resmi menaikkan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Ron 92 atau Pertamax menjadi Rp 12.500-Rp 13.000 per liter dari yang sebelumnya Rp 9.000-Rp 9.400 per liter.

Ini tak lain karena kenaikan harga minyak mentah dunia. Lalu mengapa minyak mentah dunia naik?

Melansir CNBC Indonesia, Tim Harga Minyak Indonesia menjelaskan beberapa faktor peningkatan harga di pasar internasional. Salah satunya akibat terganggunya pasokan minyak mentah global seiring terjadinya perang Rusia dan Ukraina.

Menurut data British Petroleum (BP) Statistical Review of World Energy 2021, Rusia, yang tercatat memproduksi 524,4 juta ton minyak atau 12,6% dari total produksi global tahun 2020.

Ini hanya sedikit di bawah Amerika Serikat (AS), yang menduduki posisi pertama. AS yang tercatat memproduksi 712,7 juta ton minyak atau 17% dari total produksi global tahun 2020.

Namun sayangnya karena serangan yang dilancarkan Moskow ke Kyiv sejak 24 Februari lalu, energi fossil ini terkena sanksi AS dan sekutu. Tekanan yang diberikan Barat untuk menyetop ketegangan itu justru membuat harga makin melambung karena kekhawatiran minimnya minyak di pasaran.

Bukan cuma sanksi. Kegagalan infrastruktur produksi pada negara-negara yang menjadi penghasil minyak mentah juga jadi penyebab lain.

Sebagai informasi, harga minyak mentah dunia mengerek harga minyak mentah Indonesia (indonesia Crude Price/ICP) pada Maret 2022. Besarannya menjadi US$113,50 per barel dari US$95,72 per barel.

Kenaikan harga tersebut tertuang dalam Keputusan menteri ESDM Nomor 33.K/MG.03/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan Maret 2022 tanggal 1 April 2022. “Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk bulan Maret 2022 ditetapkan sebesar US$ 113,50 per barel,” demikian bunyi diktum keempat Kepmen tersebut dikutip Jumat (15/4/2022).

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Pesawat Gagal Terbang, Batik Air Ungkapkan Penyebabnya
Banjarmasin

News

Alasan Pandemi, Anggaran ‘Super Jumbo’ Pilkada Banjarmasin 2024 Dinilai Tak Relevan

News

Ekspor Minyak Goreng dan CPO Dibuka Lagi, Harga TBS Mulai Terkerek
Sidang Isbat

News

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1443 Hijriah

News

Mudik Lebaran 2022, Polri Pastikan Tak Ada Check Point Pencegatan
WNI di Ukraina

News

24 Orang Masih Bertahan, 99 WNI Telah Dievakuasi Keluar Ukraina
Perang

News

Rusia Siapkan Pasukan Nuklir, Gedung Putih Bereaksi

News

Kabar Baik! Pekerja Bergaji di Bawah Rp3 Juta Dapat Bantuan Subsidi Upah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com