Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Tingkatkan Capaian Imunisasi Dasar Lengkap, Tala Gelar BIAN

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak (BIAN) di Kabupaten Tanah Laut (Tala) akan dimulai pada Mei 2022 mendatang.
- Apahabar.com     Rabu, 20 April 2022 - 10:32 WITA

Tingkatkan Capaian Imunisasi Dasar Lengkap, Tala Gelar BIAN

Monitoring Evaluasi dan Sosialisasi BIAN Tingkat Kabupaten Tala di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari. Foto-Ist

apahabar.com, PELAIHARI – Dampak Covid-19, cakupan imunisasi rutin lengkap pada anak menjadi rendah. Hal ini mendorong pemerintah menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak (BIAN) untuk mengejar kekurangan cakupan tersebut sekaligus memperingati Pekan Imunisasi Dunia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli mengatakan rendahnya capaian imunisasi pada anak. “Karena itu kita genjot,” kata Danial saat membuka acara Monitoring Evaluasi dan Sosialisasi BIAN Tingkat Kabupaten Tala di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari pada Selasa (19/4/2022).

“Dengan momentum pekan imunisasi dunia ini diharapkan dapat meningkatkan semangat tenaga kesehatan, masyarakat dan stakeholder terkait maupun mitra pembangunan menjalankan program imunisasi demi tercapainya tujuan keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas,” ujarnya.

Pelaksanaan BIAN di Kabupaten Tala akan dimulai pada Mei 2022, satu dosis imunisasi Campak-Rubella akan diberikan terlepas dari status imunisasi sebelumnya sesuai target berdasarkan rekomendasi yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah. Satu atau lebih jenis imunisasi akan diberikan untuk melengkapi status imunisasi anak usia kurang dari 5 tahun.

Berdasarkan data rutin terbaru Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI bahwa cakupan imunisasi dasar lengkap secara nasional telah menurun secara signifikan sejak awal pandemi Covid-19, dari 84,2 persen pada tahun 2020 menjadi 79,6 persen pada tahun 2021.

Sedikit berbeda, cakupan imunisasi dasar lengkap di Kabupaten Tala memang sempat mengalami penurunan dari yang sebelumnya di angka 88,9 persen, pada tahun 2019, turun menjadi 77,3 persen pada tahun 2020, akan tetapi capaian tersebut kembali naik di tahun 2021 menjadi 87,5 persen.

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut yaitu Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Abdul Choliq.

Turut berhadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Kepala SKPD terkait Lingkup Pemkab Tala, Camat se Kabupaten Tala, dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Tala.

Diskopdag Tala Ukur Ketepatan Takaran SPBU Jalur Mudik

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bibit ikan papuyu

Pemkab Tanah Laut

Sambut IKN, Bupati Tala Bidik Potensi Budidaya Papuyu
Bupati Tala SK CPNS

Pemkab Tanah Laut

Senangnya Ihsan, Satu dari Ratusan Penerima SK Pengangkatan CPNS dari Bupati Tala

Pemkab Tanah Laut

Momentum Idulfitri 1443 H, Objek Wisata di Tala Buka
Bupati Tala serahkan CSR BPK

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Serahkan Bantuan CSR ke BPK Pasar Lawas
Bupati Tala Sukamta

Pemkab Tanah Laut

BPR Tala Raih Penghargaan Top BUMD untuk Ketiga Kalinya
UMKM Tala

Pemkab Tanah Laut

UMKM Tanah Laut Siap Melejit Hingga Sokong IKN Nusantara

Pemkab Tanah Laut

Lantik Pejabat Eselon II, Sukamta Pinta Bekerja Maksimal untuk Rakyat
Bupati Tala Sukamta Sertifikasi Halal

Pemkab Tanah Laut

IKM Tala Kantongi Jaminan Produk Halal dari Pemerintah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com