Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Rusia, Seketika Ledakan Terdengar di Kiev

Ledakan keras terdengar di Kiev dan pertempuran berkecamuk di timur. Ledakan dan pertempuran itu terjadi setelah Ukraina mengklaim
- Apahabar.com     Jumat, 15 April 2022 - 15:25 WITA

Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Rusia, Seketika Ledakan Terdengar di Kiev

Ilustrasi suasana di Ukraina. Foto-AP Photo

apahabar.com, KIEV – Ledakan keras terdengar di Kiev dan pertempuran berkecamuk di timur. Ledakan dan pertempuran itu terjadi setelah Ukraina mengklaim sebagai pihak yang menenggelamkan kapal Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam.

Dilansir dari Reuters, Jumat (15/4/2022), ledakan itu menjadi salah satu yang paling signifikan di ibu kota Ukraina sejak pasukan Rusia ditarik dari daerah itu awal bulan ini.

Ukraina mengklaim telah menembak kapal penjelajah rudal Moskow dengan rudal anti-kapal Neptunus. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan kapal era Soviet itu tenggelam pada Kamis (14/4) saat ditarik ke pelabuhan menyusul kebakaran dan ledakan.

Lebih dari 500 awak dievakuasi. Namun Kemhan Rusia tidak mengakui adanya serangan terhadap kapal.

Hilangnya kapal itu terjadi saat angkatan laut Rusia melanjutkan pemboman atas kota-kota Ukraina di Laut Hitam hampir 50 hari setelah menginvasi negara itu untuk membasmi apa yang disebutnya nasionalis sayap kanan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memberi penghormatan kepada para tentaranya.

“Mereka yang menghentikan kemajuan konvoi peralatan militer Rusia yang tak ada habisnya. Mereka yang menunjukkan bahwa kapal-kapal Rusia dapat pergi, sampai ke dasar,” ujarnya, kutip Detik.com.

Tidak ada laporan kerusakan setelah ledakan keras yang dilaporkan di Kiev, Kherson di selatan, kota timur Kharkiv dan kota Ivano-Frankivsk di barat.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan serangan Rusia di kota Popasna dan Rubizhne, keduanya di utara kota pelabuhan Mariupol, telah berhasil dihalau dan sejumlah tank serta kendaraan lapis baja lainnya telah dihancurkan. Namun, informasi itu tak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Apa pun penyebab tenggelamnya kapal Rusia, itu merupakan kemunduran bagi Rusia dan dorongan besar bagi militer Ukraina. Angkatan Laut Rusia telah menembakkan rudal jelajah ke Ukraina dan kegiatan Laut Hitam sangat penting untuk mendukung operasi darat di selatan dan timur, di mana Rusia berupaya merebut kendali penuh Mariupol.

Amerika Serikat mengatakan tidak memiliki informasi yang cukup untuk menentukan apakah kapal Moskva terkena rudal.

“(Tapi) tentu saja, dengan cara ini terungkap, ini merupakan pukulan besar bagi Rusia,” kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Migor Langka

News

Sempat Langka, Migor di Pasar Tanjung Tersedia Meski di Atas HET

News

Libur Lebaran, Pantai Angsana Tanbu Jadi Wisata Andalan
Dolar Melemah

News

Fed Menaikkan Suku Bunga Acuan, Dolar Terus Melemah di Sesi Asia
Polres Kutai Kartanegara berhasil meringkus dua orang tersangka yang melakukan pengetapan solar subsidi di SPBU. Foto-Istimewa

News

Sehari Jelang Ramadan, Waterpark di Mabuun Tabalong Ramai Pengunjung
Feri Kotabaru

News

Siap-Siap, Feri Penyeberangan Batulicin-Kotabaru Bakal Terapkan E-Tiket
Tempe

News

Harga Kedelai Meroket, Produsen di Balikpapan Perkecil Ukuran Tempe
PLTB Kalsel

News

Kata Supian HK Soal PLTB Senilai Rp2 T Kalsel
apahabar.com

News

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pelindo Regional III Siapkan 20 Terminal Penumpang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com