Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir Shin Tae-yong Puji Semangat Juang Garuda Muda Tumbangkan Malaysia

Waduh! Belasan Miliar Dana Investasi Bodong Mengalir ke Klub Liga 1

- Apahabar.com     Sabtu, 9 April 2022 - 19:44 WITA

Waduh! Belasan Miliar Dana Investasi Bodong Mengalir ke Klub Liga 1

Diawali kerja sama sponsorship, sejumlah klub Liga 1 diduga pernah didanai investasi bodong. Foto: PT LIB

apahabar.com, JAKARTA – Sedikitnya enam klub Liga 1 diduga telah menerima aliran dana investasi bodong robot trading.

Dugaan tersebut diapungkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), setelah menganalisis sejumlah data berkaitan.

“Sekitar belasan miliar. Terdapat sekitar enam klub,” jelas Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, seperti dilansir CNN, Sabtu (9/4).

“Aliran duit tersebut berbentuk sponsor. Caranya perusahaan robot trading itu memasang iklan di klub sepakbola terkait,” imbuhnya tanpa merinci keenam klub dimaksud.

Meski tidak dijelaskan, keenam klub tersebut adalah Persija Jakarta, Madura United, PSS Sleman dan Bhayangkara FC.

Kebetulan mereka pernah bekerja sama dengan Viral Blast Global yang diidentifikasi polisi telah merugikan sekitar 12.000 anggota senilai Rp1,2 triliun.

Modus yang dilakukan penggerak Viral Blast Global adalah dengan memasarkan e-book kepada para member untuk melakukan trading.

Kemudian uang para anggota disetorkan ke exchanger untuk diditribusikan kepada pengurus dan leader. Anggota juga diiming-imingi keuntungan tetap dari hasil trading uang yang disetorkan.

Namun faktanya keuntungan yang dijanjikan tersebut diambil dari uang yang disetor nasabah itu sendiri, bukan melalui hasil trading.

Tidak hanya PPATK, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga telah menjadwalkan pemeriksaan manajemen Madura United terkait Viral Blast Global.

Diketahui Madura United resmi menandatangani kerja sama dengan Viral Blast Global di awal musim Liga 1 2021/2022. Angka kerja sama selama satu musim tersebut ditaksir mencapai Rp1,8 miliar.

Sebelumnya Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, menyebut salah seorang tersangka bernama Zainal Hudha Purnama merupakan mantan manajer Madura United.

“Dari hasil penyidikan, Zainal juga melakukan kerja sama sponsorship ke beberapa klub sepakbola lain,” jelas Whisnu Hermawan.

Dalam kasus tersebut, empat tersangka telah dijerat oleh penyidik. Seorang di antaranya masih dikejar dan telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selain Viral Blast, Bareskrim Polri juga tengah menyidik sejumlah kasus robot trading seperti DNA Pro dan Fahrenheit.

Sementara Presiden Persija, Mohammad Prapanca, menegaskan urusan klub dengan Viral Blast sudah rampung.

“Soal investasi robot trading Viral Blast sudah beres. Meski akan dicek ulang ke direktorat komersial, setahu saya sudah beres,” tegas Prapanca.

Media Officer Bhayangkara FC, Anggra Bratama Putra, juga menyebut kontrak kerja sama dengan Viral Blast telah diputus di tengah jalan.

“Kerja sama dengan Viral Blast itu murni sponsorship. Setelah banyak masalah di Viral Blast, kami langsung memutuskan kerja sama,” beber Anggra.

Sedangkan Madura United mengklaim akan kooperatif, seandainya telah menerima surat pemanggilan pemeriksaan dari Bareskrim Polri.

“Kalau memang nanti menerima pemanggilan resmi, kami pasti akan kooperatif,” sahut Syaifullah Munir, Media Officer Madura United.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Razia Truk Ekspedisi, Polisi Jakarta Temukan Paket 48 Kilogram Ganja dari Medan

News

Dialog Rusia dan Ukraina Ada Kemajuan, Perang Selesai?
Polres Kutai Kartanegara berhasil meringkus dua orang tersangka yang melakukan pengetapan solar subsidi di SPBU. Foto-Istimewa

News

Sehari Jelang Ramadan, Waterpark di Mabuun Tabalong Ramai Pengunjung
MK

News

Rifqinizamy Karsayuda Optimis Sembilan Hakim MK Tolak Gugatan UU IKN

News

Keren! Kontingen Garuda UNIFIL Jawara SASCO 2022, Tekuk China dan Korsel
China Eastern Airlines Jatuh

News

China Eastern Airlines Jatuh, KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou Pantau Data Korban
Pemerkosaan Polisi

News

Kabar Baik! Pemkot Banjarbaru Mau Bantu Korban Pemerkosaan Polisi di Banjarmasin
Cuaca

News

Habar Cuaca: Hujan Bayangi 7 Wilayah Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com