Demam Skuter Listrik, Di Banjarmasin Rp35 Ribu Free Foto Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Yuk Intip Tempat Training ‘Pilot’ Listriknya Kalimantan!

Provinsi Kalsel, Kalteng dan Kaltim secara kelistrikan telah terhubung melalui jaringan transmisi tegangan tinggi dan tergabung dalam
- Apahabar.com     Senin, 11 April 2022 - 13:34 WITA

Yuk Intip Tempat Training ‘Pilot’ Listriknya Kalimantan!

Kalsel, Kalteng dan Kaltim kini telah terhubung melalui jaringan transmisi tegangan tinggi dan tergabung dalam satu sistem Interkoneksi Kalimantan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Provinsi Kalsel, Kalteng dan Kaltim secara kelistrikan telah terhubung melalui jaringan transmisi tegangan tinggi dan tergabung dalam satu sistem Interkoneksi Kalimantan.

Dengan total pemakaian listrik pelanggan di empat provinsi tersebut mencapai 1.190 juta watt, PLN mengoperasikan pembangkit-pembangkit yang tersebar untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan dengan total daya mampu 1.700 juta watt.

Dengan kondisi kebutuhan listrik pelanggan yang dinamis setiap harinya, PLN harus menjaga kestabilan antara pasokan listrik pembangkit dan kecukupan listrik yang dibutuhkan.

Lalu, siapa yang mengatur dan menjaga kestabilan pasokan (supply) dan kebutuhan (demand) listrik ini?

Pengaturan dan pengoperasian sistem kelistrikan Kalimantan dijalankan oleh PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Kalimantan yang berpusat di Banjarbaru.

Ditemui di Banjarbaru, Manajer PLN UP2B Kalimantan Turyanto menjelaskan pengaturan sistem kelistrikan dijalankan melalui dua unit regional control center (RCC).

“Regional control center (RCC) 1 terletak di Balikpapan dan bertanggung jawab atas sub-sistem Mahakam yang meliputi gardu induk dan pembangkit listrik di Kalimantan Timur. Sedangkan regional control center (RCC) 2 terletak di Banjarbaru dan bertanggung jawab atas sub-sistem Barito yang meliputi gardu induk dan pembangkit listrik di Kalimantan Selatan dan Tengah,” jelas Turyanto.

Masing-masing RCC memiliki personel yang disebut dispatcher sebagai pilot yang bertugas mengatur pengoperasian pembangkit dan pengaturan beban di gardu induk selama 24 jam sehingga terwujud sistem yang stabil, andal dan effisien.

Saat ini PLN memiliki 18 personil dispatcher yang telah berpengalaman mengoperasikan sistem Kalimantan selama bertahun-tahun.

Layaknya pilot pesawat terbang, seorang dispatcher juga harus dibekali kemampuan dan sertifikasi kompetensi dari lembaga akreditasi nasional sebelum bertugas di ruang control untuk memonitor status dan kondisi seluruh pembangkit, jalur transmisi dan gardu induk.

“Sebelum bertugas di control room, dispatcher kami latih di Dispatcher Training Simulator (DTS). DTS merupakan program simulasi pengoperasian sistem kelistrikan dan dilengkapi dengan berbagai simulasi kondisi mulai dari kondisi operasi normal hingga kondisi emergency untuk menggambarkan jika terjadi gangguan maupun force majeure yang tidak dikehendaki,” ungkap Turyanto.

Dalam bertugas dispatcher harus mengikuti standar operasional (SOP) yang ketat dengan penuh kedisiplinan. Untuk mencegah timbulnya kesalahan dalam bertugas, seluruh prosedur pengoperasian sistem telah dilakukan review rutin untuk mengikuti kondisi-kondisi terkini.

“DTS memberikan pemodelan sistem kelistrikan yang real, sehingga gambaran kondisi sistem dapat secara langsung tertampil pada visualisasi DTS. Nantinya, hasil simulasi akan dijadikan bahan mitigasi peningkatan keandalan sistem serta pembelajaran bagi dispatcher,” kata Turyanto.

Pulau Kalimantan sangat luas, sehingga untuk menghubungkannya diperlukan jalur transmisi yang sangat panjang dan membelah hutan serta rawa-rawa. Hal ini menimbulkan tantangan dalam pengoperasian sistem di berbagai kondisi agar sistem kelistrikan tetap terjaga keandalannya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PLN UIKI Kalimantan

PLN Dukung Toyota Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia
PLN

PLN UIKI Kalimantan

PLN Dukung ESDM dalam G20 Energy Transition Working Group di Yogyakarta
PLN Kalimantan

PLN UIKI Kalimantan

Kiat Jitu PLN Kalimantan Sabet Penghargaan K3: Budayakan Safety Briefing
YBM PLN UPK Asam-Asam

PLN UIKI Kalimantan

PLN Berbagi Bingkisan Ramadan di Asam-Asam Tanah Laut
PLN

PLN UIKI Kalimantan

Promo Ramadan Berkah PLN, Tambah Daya untuk Rumah Ibadah Hanya Rp 150 Ribu
pasokan listrik

PLN UIKI Kalimantan

Siaga 24 Jam, PLN Pastikan Pasokan Listrik Sambut Idulfitri 1443 H
Bauntung

Pemko Banjarbaru

Dibantu PLN, Ruang Kesehatan-Pengolahan Sampah Organik Ada di Pasar Bauntung

PLN UIKI Kalimantan

Setelah Jalan, PLN Kalimantan Sulap Limbah Batu Bara untuk Pujasera
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com