Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

15 Kali Bobol Gudang, 19 Tersangka Diamankan Polresta Balikpapan

Jajaran Polresta Balikpapan berhasil meringkus puluhan pelaku yang terlibat dalam pencurian di salah satu gudang milik warga...
- Apahabar.com     Selasa, 17 Mei 2022 - 23:05 WITA

15 Kali Bobol Gudang, 19 Tersangka Diamankan Polresta Balikpapan

Polisi mengamankan belasan pelaku pembobol gudang di Balikpapan. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Jajaran Polresta Balikpapan berhasil meringkus puluhan pelaku yang terlibat dalam pencurian di salah satu gudang milik warga.

Gudang yang mereka bobol berada di kawasan Jalan MT Haryono Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan pada Senin (9/5).

Total 19 tersangka yang diamankan dengan peran masing-masing.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Thirdy Hadmiarso mengatakan tindak pencurian dengan cara membobol gudang ini awalnya dilakukan oleh seorang pria berinisial AN (27).

Ia berhasil mencuri beberapa material di dalam gudang milik pribadi salah seorang warga. Pencurian berjalan mulus lantaran gudang tersebut tidak memiliki penjaga alias wakar.

“Gudang itu tidak ada penjaganya jadi pelaku membobol gudang itu. Dia tahu kalau gudang itu tidak ada wakarnya,” ujar Thirdy saat pers rilis di Mapolresta Balikpapan pada Selasa (17/5).

Berjalan mulus, pencurian berikutnya pelaku mengajak rekan-rekannya yang lain secara bergantian. Bahkan ia menyewa truk seharga Rp300 ribu untuk satu kali angkutnya. Tindakan tersebut dilakukan sebanyak 15 kali di tempat yang sama.

“Kejadian ini yang ke-15 kalinya yang dilakukan oleh pelaku dan mengajak teman-temannya. Pencurian itu sejak Maret 2022 dan ditangkap tanggal 9 Mei kemarin. Terus dia nyewa truk untuk mengangkut,” jelasnya.

Pemilik gudang yang kaget barang-barang di dalam gudang menghilang langsung membuat laporan ke Polresta Balikpapan.

Kemudian petugas pun melakukan penyelidikan dan mendapati truk yang dicurigai tersebut serta mengamankan 10 pelaku. Yakni AN (27) dan RS (41) yang merupakan otak pelaku, kemudian HT (44) pemilik pikap, serta AR (46), YA (20), MR (41), MA (40) FS (34), AT (28), AF (40). Sedangkan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yakni RU, IH dan MA.

“Kami mengamankan 10 orang yang menjadi pelaku dan tiga orang masih dalam pencarian (DPO). Kemudian hasil pengembangan kita amankan 9 orang penadah dan satu lagi dalam pengejaran (DPO),” bebernya.

Polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang dicuri, yakni kerangka bangunan dari besi, ulin, mesin genset, mesin las, dan beberapa material lainnya.

“Total kerugian yang dialami korban mencapai Rp1 milliar,” sebutnya.

Akibat perbuatannya, komplotan ini dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Budak Sabu Asal Banjarmasin Dibekuk Satresnarkoba Polres Tanah Bumbu
Tim pengacara hacker Amuntai

Hot Borneo

Tim Pengacara Hacker Amuntai Makin Yakin Kliennya Tak Bersalah
bandar arisan bodong kotabaru

Hot Borneo

Fakta Baru! Bandar Arisan Bodong di Tegalrejo Kotabaru Ungkap Jumlah Korban dan Setoran per Orang
Arisan Bodong Banjarmasin

Hot Borneo

Jaksa Siap Keroyok Kasus ‘Ratu’ Arisan Bodong Banjarmasin

Hot Borneo

Polisi Lakukan Penyelidikan Insiden Terbakarnya Kilang Minyak Pertamina Balikpapan
Stok Hewan Kurban Banjarbaru

Hot Borneo

Stok Hewan Kurban di Banjarbaru Mencukupi, Tapi…
Kebakaran di Belakang Bapelkes Banjarbaru

Hot Borneo

Siang Bolong, Api Amuk Rumah Warga Belakang Bapelkes Banjarbaru
Pria Tersetrum

Hot Borneo

Detik-Detik Pria Banjarmasin Tewas Tersetrum di Samping Makam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com