Siap-siap, Kominfo Buka Beasiswa S2 untuk Umum dan PNS Bus Peziarah Tabrak 3 Rumah di Ciamis, Penumpang Berlompatan Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama Tim Iptu Widodo Bergerak ke Luar Amuntai, Duo Pengeroyok Bripda Akmal Diminta Serahkan Diri!

Alfamart Gambut Kilometer 14,4 Miring, PUPRP Banjar Tunggu Hasil Kajian

- Apahabar.com     Kamis, 12 Mei 2022 - 15:53 WITA

Alfamart Gambut Kilometer 14,4 Miring, PUPRP Banjar Tunggu Hasil Kajian

Bangunan ruko (rumah toko) retail modern milik Alfamart di Jalan A Yani Km 14,4, Gambut, Kabupaten Banjar, dikabarkan kembali mengalami kemiringan, Sabtu (7/5) kemarin. Foto-apahabar.com/Riyad

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Banjar belum mengambil tindakan, menyusul bangunan Alfamart di Jalan A Yani Kilometer 14,4 Gambut yang dilaporkan mulai miring.

Penyebabnya mereka masih menunggu kajian kelayakan fungsi bangunan dari tim ahli independen yang ditunjuk oleh pemilik bangunan.

“Memang terjadi sedikit masalah dengan bangunan Alfamart di Kilometer 14,4 itu. Namun pemilik memiliki kesadaran untuk menguji kelayakan fungsi bangunan,” papar Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar, M Riza Dauly, Kamis (12/5).

“Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, serta Perda Banjar Nomor 4 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung,” imbuhnya.

Meski tidak menggunakan anggaran pemerintah, Dinas PUPRP Banjar memiliki kewenangan memastikan tim yang ditunjuk memang benar-benar ahli.

“Kami meminta ahli yang independen di bidang bangunan gedung. baik struktur, konstruksi, keamanan keselamatan dan keandalan bangunan. Kami juga yang memastikan kualifikasi dan kompetensi memang sesuai,” tegas Riza Dauly.

Kendati demikian, Dinas PUPRP Banjar belum mengetahui progres kajian tersebut, “Kami masih menunggu laporan pemilik,” beber Riza.

“Namun kalau bulan depan belum dilakukan kajian, kami bakal menutup bangunan tersebut agar tidak dipergunakan,” sambungnya.

Wajib SLF

Untuk mengantisipasi pengulangan kejadian bangunan ambruk, Pemkab Banjar sudah mengeluarkan surat edaran khusus.

Surat itu berisi kewajiban semua bangunan yang dimanfaatkan untuk kepentingan publik, harus memiliki Sertifikat Layak Fungsi (SLF) ke Pemkab Banjar.

“Semua bangunan wajib memiliki SLF sebelum dimanfaatkan,” papar Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, HM Hilman, dalam kesempatan terpisah.

Sebelum diterbitkan SLF tentu diperiksa kelayakan administrasi dan pengecekan keandalan bangunan.

“Untuk mendapatkan SLF, bangunan harus layak administrasi dan teknis, serta memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan dan kenyamanan,” sambungnya.

Sementara bangunan yang belum memiliki SLF, bakal diberi tanda khusus, “Sehingga masyarakat akan mengetahui risiko bangunan tersebut,” pungkas Hilman.

Bangunan yang ditempati Alfamart di Kilimeter 14,4 Gambut itu diketahui mulai miring, Sabtu (7/5). Selanjutnya dengan cepat video kondisi bangunan tersebar di media sosial.

Kepolisian pun langsung mengecek bangunan. Hasilnya lantai bangunan sedikit amblas di bagian tengah. Selanjutnya pihak penyewa menutup bangunan dan meniadakan semua aktivitas.

Sebelumnya kejadian lebih tragis terjadi di Alfamart Kilometer 14. Bangunan ruko lantai tiga itu ambruk dan menelan 5 korban jiwa, Senin (18/4) sore.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Spanduk penolakan ibu kota Kalsel pindah ke banjarbaru

Hot Borneo

Sudah 85%, Gugatan UU Provinsi Kalsel Segera Didaftar ke MK

Hot Borneo

Polisi Buru Pelaku Tabrak Lari Nenek Hingga Tewas di Jalan Trans Kalimantan Batola

Hot Borneo

Edarkan Sabu, Pengangguran di Kusan Hilir Digiring ke Polres Tanbu
Kadin

Hot Borneo

Gandeng BLF, Kadin Banjarmasin Ikut Gugat UU Provinsi Kalsel
Tambang Ilegal

Hot Borneo

Ruwetnya Polisi Buru Pemodal Tambang Ilegal di Balikpapan
Mudik Lebaran 2022

Hot Borneo

Skema Mudik Lebaran 2022 di Kalsel, Perbatasan Dijaga-Dosis 1 Wajib PCR

Hot Borneo

Asyik, Wisatawan Bisa Nikmati Fasilitas Kolam Renang di Goa Lowo Kotabaru
Banjarbaru

Hot Borneo

Geger! Sopir Asal Bekasi Ditemukan Tewas di Sungai Ulin Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com