Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Angkat Karya Besar dan Pemikiran Datu Kalampayan, BEM Uniska Gelar Seminar Rekam Jejak

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (BEM Uniska) menyelenggarakan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke-216 di Ruang Seminar Fakultas Hukum, Sabtu (28/5).
- Apahabar.com     Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:12 WITA

Angkat Karya Besar dan Pemikiran Datu Kalampayan, BEM Uniska Gelar Seminar Rekam Jejak

BEM Uniska menyelenggarakan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke-216 di Ruang Seminar Fakultas Hukum, Sabtu (28/5). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (BEM Uniska) menyelenggarakan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke-216 di Ruang Seminar Fakultas Hukum, Sabtu (28/5).

Seminar bertajuk “Manifestasi Pemikiran dan Karya Besar Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dalam Pembangunan Dunia Pendidikan” dimoderatori oleh Dosen Fakultas Studi Islam, Barsihannor.

Ada dua narasumber yang dihadirkan yakni Dr. H. Dato Abie Audah yang merupakan penulis buku Spirit Dakwah Politik Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, dan Ir. Adhi Surya, selaku akademisi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

“Acara ini luar biasa, karena membahas rekam jejak datu kita, Datu Kalampayan,” kata Rektor Uniska yang diwakili oleh Wakil Rektor 3 Kemahasiswaan.

Sementara Presma Uniska menyampaikan harapan agar program ini menjadi amal baik bagi kabinet sakajuang BEM Uniska.

Seperti diketahui, Muhammad Arsyad mendidik sejumlah ulama besar dan terkenal yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru Kalimantan. Bahkan sampai luar seperti Riau, Malaysia, Fatani. Umumnya mereka menjabat sebagai Mufti atau Qadhi.

Sumbangan pemikiran ulama yang lahir di Lok Gabang, Astambul, Kesultanan Banjar ini dituangkan dalam sebuah karya. Di antaranya yakni Kitab Sabilal Muhtadin Lit-Tafaqquh Fi Amriedien, Kitab Fiqih.

Kitab tersebut sangat terkenal. Tak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh Asia Tenggata seperti Philipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Karena kaum muslim di daerah tersebut masih menggunakan bahasa melayu.

Baru-baru ini, Datu Kalampayan diusulkan menjadi pahlawan nasional. Kontribusi besar Syekh Arsyad Al Banjari dalam dakwah dan pendidikan dinilai sangat besar dan berpengaruh dari generasi ke generasi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Hot Borneo

Siap-Siap! Hujan Petir Intai Seluruh Wilayah Kalsel Malam Hari
Kebakaran Banjarmasin

Hot Borneo

Siang Bolong, Api Berkobar di Meratus Banjarmasin, Rumah Penjual Rujak Hangus
Salah satu Puskesmas yang dipantau secara intensif oleh Dinas Kesehatan HSS mewaspadai virus hepatitis misterius. Foto-apahabar.com/Nuha

Hot Borneo

Waspada Hepatitis Misterius, Dinkes HSS Siaga

Hot Borneo

Perkenalkan Budaya Banjar, Pemuda Kalsel Tampilkan Madihin di Atas Sungai Martapura

Hot Borneo

Diduga Ditabrak Truk Depan Q Mal Banjarbaru, Pengendara R2 Tewas di Tempat

Hot Borneo

Duh, Polisi Gadungan di Samarinda Peras Pembeli Narkoba
Viral Penutupan MTQ Banjar

Hot Borneo

Ada Musik Dugem Usai MTQ di Banjar, Antropolog: Momen dan Waktu Tidak Tepat

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Bersinar, Siang-Malam Seluruh Wilayah Potensi Hujan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com