Manuver Plt Bupati HSU Soal Pasar Alabio, Prof Denny: Ada yang Tidak Beres Tahanan Tewas Banjarmasin, IPW Desak Pertanggungjawaban Dua Tingkat Buntut Tahanan Tewas, Anggota Polresta Banjarmasin Diperiksa! Siap-Siap! Beli Migor Curah di Banjarmasin Pakai PeduliLindungi Kuras Sumur, Semburan Gas yang Muncul di Manggar Balikpapan

Apahabar.com Fishing Tournament 2022 Disambut Antusias, Siap-siap Agustus Bakal Digelar Kembali

- Apahabar.com     Minggu, 29 Mei 2022 - 14:41 WITA

Apahabar.com Fishing Tournament 2022 Disambut Antusias, Siap-siap Agustus Bakal Digelar Kembali

Apahabar.com Fishing Tournament 2022. Foto-apahabar.com/Syahbani.

apahabar.com, BANJARMASIN – apahabar.com Fishing Tournament 2022 yang digelar di kolam pemancingan H. Mansyah, Jalan Airmantan, Gang Sudimulyo 2, RT 23, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat resmi dibuka, Minggu (29/5).

Lomba memancing untuk pertama kalinya yang diadakan apahabar.com ini diikuti 70 peserta. Mereka datang tak hanya dari Banjarmasin, tapi juga Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Laut, bahkan ada yang dari Provinsi tetangga, Kalimantan Tengah.

apahabar.com

Pimpinan Umum apahabar.com, Budi Ismanto saat memberikan sambutan di acara pembukaan Apahabar.com Fishing Tournament 2022. Foto-apahabar.com/Randy.

Ketua panitia pelaksana yang juga menjabat sebagai Pemimpin Umum apahabar.com, Budi Ismanto mengatakan, lomba memancing ini diadakan tak hanya untuk menyalurkan hobi. Akan tetapi yang tak kalah penting ajang ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi, serta diharapkan dapat turut mengembangkan wisata pancing khususnya di kota berjuluk seribu sungai.

“Sehingga apahabar.com merasa perlunya ada kegiatan yaitu dalam lomba ini,” ujar Budi usai pembukaan acara.

Tak bisa dipungkiri kata wartawan senior di Kalsel ini, hobi memancing sangat digandrungi masyarakat, khususnya di Banjarmasin.

Sehingga menjadi sangat penting pengelolaan-pengelolaan kolam pemancingan agar dapat berkembang perlu mendapat perhatian, termasuk dari pemerintah.

“Sangat sayang jika ini luput dari perhatian. Ini sangat berpotensi untuk memajukan wisata. Perhatian pemerintah, khususnya Pemkot Banjarmasin sangat diharapkan agar spot-spot kolam pemancingan di tempat kita dapat berkembang seperti daerah lain. Seperti Bandung, Jakarta, Surabaya,” imbuhnya.

Banjarmasin tentunya sangat memiliki potensi untuk mengembangkan wisata pancing. Dengan catatan, selama dukungan penuh dari pemerintah itu bisa didapatkan.

“Karena dengan wisata memancing yang bagus tentu saja bisa memberikan efek domino ekonomi. Toko pancing, penjual umpan menjadi hidup, usaha-usaha di kawasan kolam turut ikut berkembang, itu tujuan utama,” kata Budi.

Melihat tingginya antusiasme peserta di apahabar.com Fishing Tournament 2022 ini, Budi pun berencana kembali menggelar lomba memancing pada peringatan hari kemerdekaan Agustus mendatang.

“Kami akan melakukan Tournament kedua di Agustus nanti. Kalau kali ini ada 400 kilo ikan mas, kedepan akan dilepas sekitar 900 kilo,” bebernya.

Lebih jauh, Budi tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sponsor yang turut mendukung kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan lancar.

“Kepada Pemkot Banjarmasin, Banjarbaru, Bank Kalsel, PT Adaro Indonesia dan Batulicin Enam Sembilan Group sebagai sponsor utama kami ucapkan terima kasih atas dukungannya. Serta kepada toko-toko pancing yang turut mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

apahabar.com

Sekdakot Banjarmasin, Ikhsan Budiman membuka apahabar.com Fishing Tournament 2022. Foto-apahabar.com/Syahbani.

Sementara itu, Sekdakot Banjarmasin, Ikhsan Budiman yang berkesempatan membuka apahabar.com Fishing Tournament 2022 memberikan apresiasinya atas diadakannya lomba memancing kali ini.

“Kami dari Pemkot sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain mengembangkan hobi ini jaga berkaitan dengan air, sungai, di mana masyarakat kita tak bisa dilepaskan dari dua hal itu,” ucapnya.

Disinggung soal perhatian Pemkot Banjarmasin untuk pengembang wisata pancing, Ikhsan berkomitmen untuk memberikan dukungannya agar wisata jenis ini dapat dikembangkan.

“Pemkot akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan. Tak hanya di kolam pemancingan, bahkan di sungai-sungai kita banyak masyarakat yang memancing,” katanya.

Adapun dari pihak pengelola kolam pemancingan H Mansyah, Evan mengakui di lomba kali ini antusiasme peserta sangat tinggi. Di mana 70 space yang ada di kolam terisi penuh.

“Bahkan masih ada sekitar 30 orang yang bersedia menjadi cadangan. Jadi rebutan. Jadi kapasitas lomba ini sangat besar. Ini pertama kali di Banjarmasin dengan uang pendaftaran Rp500 ribu,” imbuhnya.

Adapun teknis lomba dijelaskan Evan, lomba mancing kali ini menggunakan sistem pelampung yang dibagi menjadi dua sesi. Peserta berlomba mendapat total bobot yang terberat.

“Setiap sesi per dua jam. Kalau untuk ikan yang dipancing berupa ikan mas. Total yang dilepas 400 kilogram. Sesi pertama 200 kilo, sesi kedua 200 kilo lagi,” katanya.

Para peserta memperebutkan juara dari satu -enam. Rinciannya, Jura pertama Rp9 juta, Juara dua Rp6 juta, juara tiga Rp5 juta, juara empat Rp4 juta, juara lima Rp3 juta, juara enem Rp2 juta dan ikan terbanyak Rp1 juta.

“Juga ada pembagian doorprize di jam-jam istirahat dari para sponsor,” pungkasnya.

Salah seorang peserta, Samsir (53) warga Kampung Gedang mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan sejak kemarin.

“Intinya yang dipersiapkan mental dan fisik. Kalau untuk umpan racikan sendiri. Seperti bias,” ucap pria yang akrab siapa pak RT itu.

Selain motivasi memenangkan lomba, silaturahmi dengan rekan satu hobi menjadi salah satu tujuannya untuk ikut lomba mancing yang diadakan apahabar.com tersebut.

“Harapan menang pasti. Tapi mancing ini sebenarnya silaturahmi. Yang penting kumpul,” imbuhnya.

Samsir rupanya cukup berpengalaman mengikuti lomba mancing. Dia mengklaim di pernah menang lomba di tahun lalu.

“2021 pernah menang, total berat 4,2 kilo. Mudah-mudahan kali ini menang lagi,” harapnya.

apahabar.com

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pasar Pandasari Balikpapan

Hot Borneo

Besok Puasa, Emak-Emak Serbu Pasar Balikpapan Kaget Harga Kebutuhan Naik
Satresnarkoba Polres Barut

Hot Borneo

Edarkan Sabu, Pria Brigjen Katamso Muara Teweh Diringkus Satresnarkoba Polres Barut
Wagub Kalteng

Hot Borneo

Pascalibur Lebaran, Wagub Kalteng: Kebijakan WFH ASN Dilakukan Situasional
Covid-19 Banjarmasin

Hot Borneo

[ANALISIS] Pakar ULM Bicara Transisi Indonesia Menuju Endemi Covid-19

Hot Borneo

Pesan Mahasiswa di Peringatan 25 Tahun ‘Jumat Kelabu’ Banjarmasin: Jadi Pelajaran, Jangan Terulang

Hot Borneo

Sempat Rendam Tiga Desa, Banjir di Upau Tabalong Perlahan Surut

Hot Borneo

Trauma Alfarmart Ambruk, Rumah Warga di Gambut Banjar Mendadak Miring
Menteri Hadi Tjahjanto

Hot Borneo

Legislator Kalsel Ingatkan PR Menteri Hadi Tjahjanto!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com