Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Brasil Dilanda Cuaca Buruk, 56 Tewas, Puluhan Hilang

- Apahabar.com     Senin, 30 Mei 2022 - 07:29 WITA

Brasil Dilanda Cuaca Buruk, 56 Tewas, Puluhan Hilang

Sebanyak 56 orang tewas, 56 hilang dan 3.957 kehilangan tempat tinggal karena bencana di Brasil akibat cuaca buruk. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Jumlah korban tewas akibat hujan lebat hingga tanah longsor dan banjir di Brasil telah meningkat menjadi 56 orang, sementara puluhan lainnya dinyatakan hilang.

“Pada Minggu, 56 orang terkonfirmasi meninggal dan 56 orang lainnya masih hilang di Recife dan Olinda [di negara bagian Pernambuco],” tulis pernyataan pertahanan sipil Brasil, diberitakan AFP, Minggu (29/5).

Selain itu dikatakan 3.957 orang lainnya kehilangan tempat tinggal.

Otoritas Brasil sedang mengupayakan penanggulangan atas bencana ini, termasuk mencari korban hilang. Sekitar 1.200 personel, sebagian di atas kapal dan helikopter, terus melakukan pencarian dan penyelamatan.

Menteri Pembangunan Daerah Brasil, Daniel Ferreira, mendesak personel berhati-hati lantaran cuaca buruk di Brasil diperkirakan berlanjut pada Minggu.

“Meskipun sat ini hujan sudah berhenti, namun kami memperkirakan hujan lebat akan terjadi dalam beberapa hari ke depan,” katanya.

“Jadi hal pertama adalah mempertahankan langkah-langkah perlindungan diri,” ucap dia lagi.

Volume hujan di Recife pada Jumat malam dan Sabtu pagi mencapai 70 persen lebih tinggi dari yang diperkirakan selama Mei. Recife adalah wilayah di Pernambuco yang paling parah terdampak bencana ini.

Pada Sabtu otoritas Brasil mengungkap setidaknya 35 tewas usai hujan lebat menyebabkan tanah longsor dan banjir. Sebanyak 33 orang tewas di Pernambuco setelah tanah longsor menyapu lingkungan perkotaan di lereng bukit, sedangkan negara bagian Alagoas mencatat dua kematian.

Ahli menduga hujan lebat di Brasil dipicu La Nina dan perubahan iklim.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Musyawarah besar IKMA Tanah Bumbu

News

IKMA Tanah Bumbu Gelar Musyawarah Besar
Ketum PBNU, Gus Yahya memimpin doa di wilayah yang menjadi calon gedung baru PBNU di Penajam, Kalimantan Timur. Foto-PBNU.

News

Ketum PBNU Ajak Semua Pihak Lebih Luwes Hadapi Persoalan Bangsa

News

Tak Ada Alkohol dan LGBT di Piala Dunia 2022 Qatar
Pria Bertato Banjarmasin

News

Mabuk Tenteng Sajam, ‘Jagau’ Bertato Ngamuk di Kuin Cerucuk Banjarmasin
Kedubes India

News

Usai Jumatan, FPI dan PA 212 Kepung Kedubes India!
Pilkada

News

Jokowi Perintahkan Pj Kepala Daerah Netral di Pemilu 2024
Eril Hilang

News

Pantau Pencarian Eril, Ridwan Kamil Perpanjang Cuti
Menara CFD di Solo Ambruk

News

Heboh! Beredar Video Hoaks Menara CFD di Solo Ambruk, Begini Tanggapan Gibran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com