Innalillahi.. Avanza Vs Strada di Batulicin Tewaskan Pejabat BPBD Terbongkarnya Aksi Cabul Ayah Muda Banjarmasin, Berawal dari Perceraian Duh, Ayah Muda Banjarmasin Tega Cabuli Anak Kandung Heboh, Ibu di Balikpapan Tega Kurung Tiga Anak Kandungnya dalam Kamar Diguyur Hujan Lagi, Warga Kotabaru Diminta Tetap Waspada Banjir

Erick Thohir Bicara Pengembangan Budaya Saat Kunjungi Komunitas Silat Betawi

- Apahabar.com     Selasa, 17 Mei 2022 - 15:07 WITA

Erick Thohir Bicara Pengembangan Budaya Saat Kunjungi Komunitas Silat Betawi

Menteri BUMN, Erick Thohir mengunjungi Komunitas Maen Pukulan Betawi di Padepokan Pitulung Sedulur Congkok Indonesia (PPSCI) dan masyarakat RT 03/03 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Foto-Istimewa.

apahabar.com, JAKARTA – Menteri BUMN, Erick Thohir berbicara soal pembinaan dan pengembangan budaya ketika mengunjungi Komunitas Maen Pukulan Betawi di Padepokan Pitulung Sedulur Congkok Indonesia (PPSCI) dan masyarakat RT 03/03 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (12/5).

Kedatangan Erick Thohir disambut iringan rebana dan atraksi palang pintu serta dimeriahkan penampilan tarian Lenggang Nyai dan atraksi pencak silat murid-murid perguruan PPSCI.

Erick Thohir mengatakan, ketetapan Unesco yang menjadikan pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia asal Indonesia, pembinaan untuk pengembangan Pencak Silat menjadi sebuah keharusan.

“Bangsa yang tidak peduli dengan budayanya akan menjadi bangsa yang lemah dan keropos,” tegas Erick, dilansir Jakartanews.id.

Sementara dalam dialog dengan masyarakat yang hadir, Menteri BUMN ini juga kembali mengingatkan agar ibu-ibu yang berdagang ikut program Mekar. Program bantuan permodalan dari Kementerian BUMN yang meringankan kaum ibu yang bergelut mencari nafkah sehari-hari.

“Program ini harus tetap ada meski kelak saya sudah tidak lagi menjadi menteri BUMN,” imbuh Erick Thohir, yang kali ini hadir di tengah masyarakat bersama “Jakarta Bergerak”.

Yayasan Erick Thohir, juga menyumbangkan 20 mesin fogging untuk dibagikan ke tiap-tiap RT di Kelurahan Kapuk.

Sementara itu, Ketua PPSCI, Abah Bachtiar mengatakan, keberadaan PPSCI telah menjadi wadah aktivitas positif bagi pemuda dan anak-anak di lingkungannya.

“Hal ini terbukti di lingkungan PPSCI tidak ada pemudanya yang terlibat narkoba atau tawuran,” ujar Abah Bachtiar, yang juga menjabat Sekretaris Umum Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) itu.

Ditambahkan Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi), Yusron Syarief, pembinaan perguruan-perguruan pencak silat tradisional merupakan hal penting dan prioritas sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia asal Indonesia.

“Eksitensi dan pengembangan pencak silat tidak bisa hanya diserahkan kepada para pemangku atau pelakunya belaka. Masyarakat dan utamanya pemerintah harus lebih serius lagi memperhatikan dan membina budaya asli Indonesia yang satu ini,” kata Yusron.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Dialog Rusia dan Ukraina Ada Kemajuan, Perang Selesai?

News

2.064 Personel Disiagakan Saat Presiden Berkemah di IKN
Zakat Fitrah

News

MUI Kalteng Tetapkan Zakat Fitrah 1443 H Sebanyak 3,5 Liter
Anies Baswedan

News

Cari Oleh-oleh Khas Kaltim, Anies Baswedan Keliling Pasar Inpres Kebun Sayur
Citigov

News

BPKPAD Sosialisasikan Citigov ke Wajib Pajak Banjarmasin

News

Instruksi Danrem Antasari: Petakan Wilayah Rawan Karhutla di HSS
PLN Kalimantan

News

Menteri ESDM: Dedieselisasi PLN Kunci RI Capai Net Zero Emission pada 2060
Vivi Zubaedi

News

Di Tangan Vivi Zubedi, Sasirangan UMKM Banjarbaru Mejeng di Paris
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com