Rumah Sakit TPT Banjarmasin Dihebohkan Si Jago Merah, Pasien Dilanda Kepanikan Waspada, Jaringan Narkotika Incar Pasar di IKN Nusantara & Daerah Penyangga 9 Bulan PDPB, KPUD Tabalong Temukan Ribuan Pemilih Ganda Guru Bakhiet Doakan Prabowo Presiden 2024, Gerindra Tangkis Tudingan Warganet Di Tengah Kekhawatiran Pasokan, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

Hasil Labfor Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan Belum Keluar, Begini Penjelasan Polda Kaltim

Peristiwa kebakaran Kilang Minyak Balikpapan pada Minggu (15/5) lalu masih terus didalami pihak kepolisian.Tim Laboratorium Forensik (Labfor)
- Apahabar.com     Senin, 23 Mei 2022 - 16:37 WITA

Hasil Labfor Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan Belum Keluar, Begini Penjelasan Polda Kaltim

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran Kilang Minyak Balikpapan pada Minggu (15/5) lalu masih terus didalami pihak kepolisian.

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Surabaya pun telah diterjunkan untuk melakukan olah TKP kebakaran yang mengakibatkan satu orang pekerja meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengaku belum menerima hasil rinci dari petugas Labfor.

Ia mengatakan sejauh ini petugas terus melakukan penyelidikan secara hati-hati, sehingga pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab dari kebakaran tersebut.

“Kita masih menunggu hasil Labfor dari Surabaya, karena memang ketelitian di samping memang tergantung dari tingkat kesulitan, jadi masih dalam proses,” katanya dihadapan awak media, Senin (23/5).

Yusuf menyebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 7 saksi yang notabene dari pihak Pertamina. Termasuk kontraktor yang melakukan pekerjaan di lokasi kejadian. Hanya saja ia belum mau membeberkan keterangan dari saksi yang diperiksa tersebut.

“Kalau saksi sudah tujuh orang yang kita periksa, sebagian besar dari Pertamina, dari manager hingga vendor yang mengerjakan kegiatan tersebut,” jelasnya.

Ditanya apakah akan ada tersangka dalam kejadian ini lantaran menimbulkan korban jiwa, Yusuf belum bisa menjawabnya. Sebab hingga saat ini masih dalam analisis petugas di lapangan.

“Tergantung dari hasil pemeriksaan, apakah human error atau teknis. Ada kemungkinan [tersangka], tergantung dari hasil pemeriksaan kemarin,” tuturnya.

Soal barang bukti, Yusuf mengaku belum mengetahui secara rinci, namun ia membenarkan bahwa petugas membawa bahan-bahan di lokasi kebakaran tersebut.

“Kita nggak banyak tahu ya barang bukti yang dibawa, yang jelas ada kaitannya dengan kebakaran tersebut, barang-barang yang bekas terbakar. Kita juga tidak tahu karena itu kan daripada barang-barangnya besi-besi dan mesin-mesin,” sebutnya.

Ditanya sampai kapan hasil pemeriksaan atau penyelidikan, Yusuf mengatakan belum mau terburu-buru. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada petugas di lapangan dan tidak mau terlalu cepat mengambil kesimpulan.

“Belum bisa kita ungkapkan sekarang karena terkait dengan hasil berita acara. Kita sudah berkoordinasi, kalau kita pasang target khawatirnya melakukan pemeriksaan terburu-buru dan khawatirnya jadi gegabah, tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, takut nanti ada kesalahan. Kita berikan kesempatan kepada forensik Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Ramadan Hari Ketiga di Banjarmasin, Kue Ipau Masih Paling Menggoda

Hot Borneo

Haul Datu Kelampayan di Mahligai Pancasila Diestimasi Dihadiri Puluhan Ribu Orang

Hot Borneo

Sepuluh Ribu Lebih Peserta Ikuti UTBK SBMPTN ULM Banjarmasin

Hot Borneo

Edarkan Sabu, IRT Asal Kotabaru Diringkus Polisi di Tanah Bumbu
PPPK

Hot Borneo

Guru Honorer Dihapus, Pemkab Banjar Rekrut Ratusan PPPK Tahun Ini

Hot Borneo

Pakai Dana Pribadi, Kontingen IOSKI Banjarmasin Tetap Berangkat ke FORNAS Palembang  
Keracunan Makanan

Hot Borneo

Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Warga Alalak Batola Dilarikan ke Rumah Sakit di Banjarmasin

Hot Borneo

Silaturahmi dengan Sobat Anies, Dit Intelkam Polda Kalsel Sampaikan Pesan Kamtibmas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com