Terbantahkan, Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang Prediksi BPBD Terkait Ancaman Banjir Rob di Banjarmasin Kini Sejarah Hari Ini: Tragedi Kelam Jumat Kelabu Banjarmasin Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO Hari Ini, Pesisir Kalsel Dibayangi Hujan Berpetir

Heboh Wapres Ma’ruf Amin Salat Jenazah Pakai Sujud di Malaysia, Cek Faktanya

- Apahabar.com     Rabu, 11 Mei 2022 - 00:15 WITA

Heboh Wapres Ma’ruf Amin Salat Jenazah Pakai Sujud di Malaysia, Cek Faktanya

Tangkapan layar dari video yang menyatakan Wapres Ma'ruf Amin salat jenazah dengan ruku dan sujud. Foto: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah WhatsApp Group dan media sosial dihebohkan dengan video yang mencatut nama Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, sedang melakukan salat jenazah disertai rukuk dan sujud.

Dalam video yang diterima apahabar.com Selasa (10/5) malam, tampak seorang pria tua mirip Ma’ruf Amin melaksanakan salat dengan rukuk dan sujud di depan peti jenazah.

Peti berwarna putih itu terlihat ditutup bendera Sarawak berukuran besar. Juga tampak sejumlah orang berseragam hitam-hitam.

“Viral sampai memalukan. Sesudah lebaran ada pejabat malasia yg wafat. Indonesia mengutus wakil presiden ke malaysia utk ta’ziyah beserta ibu dan paspamres. Begitu solat jenajah Alloh hilangkan ‘ilmu dan barokah WAKIL PRESIDEN,” demikian narasi pesan berantai itu.

“Begitu solat jenazah pake ruku dan sujud, semua ajudan dan duta besar malu dan bingung. Juga para ulama Malaysia yang mau menjadi ma’mum pada bubar, karena Mar’ruf Amin solat jenazah pake ruku dan sujud,” tambah si penulis pesan.

Namun kebenaran unggahan di media sosial tersebut disanggah oleh pakar telematika Roy Suryo. Melalui akun Twitter pribadi, Roy menyebut narasi dalam video sepenuhnya hoaks.

“Beredar Video HOAX yg disebut2 ‘Cara Sholat Jenazah ala Wapres Ma’ruf Amin, Pakai Rukuk & Sujud’,” tulis Roy Suryo, Selasa (10/5).

Dilansir dari Pikiran Rakyat, video tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh akun Facebook Suara Rakyat tertanggal 31 Januari 2022.

Sedangkan seorang pria tua yang mirip Ma’ruf Amin itu sebenarnya adalah Yang Dipertua Negeri (Gubernur) Sarawak, Tuan Yang Terutama Tun Pehin Sri Abdul Taib Mahmud.

Abdul Taib Mahmud sendiri menghadiri salat jenazah mantan Yang Dipertua Negeri Sarawak, Tun Pehin Sri Datuk Patinggi Abang Muhammad Salahuddin Abang Barieng, di Masjid Jamek.

Memang benar Abdul Taib Mahmud melakukan salat di depan peti. Namun bukan salat jenazah, melainkan salat tahiyatul masjid.

Juga diketahui salat jenazah di Masjid Jamek itu dilakukan 29 Januari 2022. Adapun salat fardu kifayah ini dipimpin Imam Besar Negeri Dato Mustapha Kamal Ahmad Fauzi.

Abang Muhammad Salahuddin Abang Barieng sendiri meninggal 28 Januari 2022 di Pusat Perubatan Normah pukul 23.47 waktu setempat.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Hore, Dana Bagi Hasil ke Daerah dari APBN 2022 Naik Rp47,2 Triliun
Covid-19 Kalsel

News

Turun Terus! Kasus Covid-19 Kalsel Terendah di Kalimantan

News

Senyum Pedagang Frozen Food di Polres Batola Terima BTPKLW

News

Ukraina Diserang Rusia, Klitschko Bersaudara Sudah Siap Angkat Senjata
Paralayang

News

Atlet Internasional Paralayang-Gantole Bakal Tampil di Gunung Mamake Kotabaru
Pesawat C919

News

Pesawat C919 Sukses Uji Terbang, COMAC Penuhi Pesanan China Eastern Airlines
Wisatawan

News

Wisatawan Hilang di Kawah Ijen Asal Bondowoso Ditemukan, Begini Kondisinya
Migor Tabalong

News

Mendag Pastikan Harga Minyak Goreng dan Gula Normal saat Ramadan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com