Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Jelang Keberangkatan Haji 2022, Jemaah Diminta Bekali Ilmu dan Menjaga Kesehatan

- Apahabar.com     Sabtu, 7 Mei 2022 - 15:12 WITA

Jelang Keberangkatan Haji 2022, Jemaah Diminta Bekali Ilmu dan Menjaga Kesehatan

Ilustrasi, calon jemaah haji harus membekali ilmu terkait ibadah haji dan senantiasa menjaga kesehatan menjelang kebarangkatan. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), Ismed Hasan Putro meminta para calon jemaah haji untuk mulai membekali diri dengan ilmu tentang prosesi pelaksanaan ibadah haji.

Dia mengatakan, para calon jamaah haji sangat penting untuk mempersiapkan bekal yang terkait dengan proses ibadahnya, seperti pelaksanaan thawaf, sa’i, melempar jumrah dan lain-lain.

“Itu semua harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai agar mereka di dalam menjalankan prosesi itu tidak semata-mata sebagai sesuatu yang sifatnya rutin, namun harus dipahami maknanya,” ujar Ismed seperti dikutip apahabar.com dari Republika.co.id, Sabtu (7/5).

Menurut dia, setiap jemaah haji harus mengetahui makna thawaf dan prosesi ibadah haji lainnya. Karena itu, menurut dia, para jemaah harus diberikan pemahaman yang cukup tentang ibadah haji sejak di Tanah Air.

“Di sinilah tugas dari KBIH untuk memberikan pengetahuan yang memadai kepada para calon jemaah haji,” ucap Ismed.

Dalam konteks ini, menurut dia, Kementerian Agama (Kemenag) juga harus banyak memberikan pemahaman kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan juga kepada para jemaah. “Sehingga di dalam mempersiapkan ini, mereka benar-benar memiliki bekal yang cukup pada saat mereka menjalankan ibadah haji itu,” kata Ismed.

Selain itu, menurut dia, yang paling penting juga jemaah harus mempersiapkan kesehatannya di tengah situasi pandemi yang masih mengintai dan mengancam pada sebagian negara. “Tentu saja ini harus dipersiapkan juga kepada jemaah haji Indonesia. Apalagi, usia jemaah haji kita kan rata-rata di atas 50 tahun,” jelas Ismed.

Karena itu, lanjut dia, para calon jemaah haji Indonesia harus rutin dalam beberapa waktu ke depan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Di samping itu, kata dia, mereka tentu juga harus rajin berolahraga agar secara fisik benar-benar memiliki kekuatan dan daya tahan yang memadai untuk melaksanakan prosesi haji.

“Karena, haji ini beda dengan umrah. Kalau umrah kan relatif lebih santai. Umrah itu hanya ada thawaf, ada sai, tidak ada lempar jumroh, tidak ada bermalam di Mina dan tidak ada prosesi yang berat yang menggunakan fisik,” kata Ismed.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Riwayat Tangisan Umar bin Abdul Aziz Ketika Dapat Jabatan

Religi

Diperlakukan dengan Baik di Penjara Dubai, 4 Napi Masuk Islam
Bus Shalawat

Religi

Hanya Dioperasikan Musim Haji, Ini Riwayat Bus Shalawat untuk Indonesia di Arab Saudi
info haji kalsel

Religi

Kemenag Kebut Finalisasi Data Jemaah Reguler di Masa Cuti Lebaran

Religi

Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan
apahabar,com

Religi

Jelang Haul Abah Guru Sekumpul, Panitia Ungkap Hal yang Dilarang
apahabar.com

Religi

Anak Jalanan Banjarmasin Inginkan Pondok Pesantren, Ini Alasannya
Haul datu kelampayan tapin

Religi

Jam’iyah Zuriat Arsyadi Tapin Gelar Haul Datu Kelampayan ke-216
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com